VIRTUAL EVENT PRAMUKA : MENYUSUN RUNDOWN (URUTAN & TEKNIK PENYAJIAN ACARA)

 


 PENGANTAR

Rundwon dalam sebuah pelaksanaan virtual event,  secara umum dapat dimaknai sebagai susunan atau urutan penyajian tiap segmen acara yang telah disiapkan sebelumnya. Rundown sangat penting sajian acara virtual event dapaat  ditonton secara menarik, mengalir dari satu segmen ke segmen berikutnya, dinamis atau tidak menjemukan, interaktif dan partisipatif atau mampu memberi ruang audiens/ pemirsa  untuk berinteraksi dan berpartisaspi.  Rundown memiliki posisi yang penting, sebab walaupun kita memiliki  segmen-segmen acara yang bagus, namun susunan atau urutannya tidak tertata dengan baik,  sajian acara virtual yang dilaksanakan dapat menjemukan para penontonya.

Rundown memiliki banyak fungsi, Bagi penonton, rundown harus menjadi susunan acara yang memikat sehingga penonton terpuaskan dan mampu bertihan melihat acara dari awal sampai akhirt. Bagi panitia, rundown merupakan alat kordinasi kerja baik pada saat persiapan, pelaksanaan maupun evelaui. Yang dimaksud dengan alat kordinasi kerja menyangkut penyiapan materi acara, pengisi acara, sarana prasarana teknis (IT) dan artistic (dekorasi, kostum, dll) dan sarana prsarana umum. Bagi pengisi acara, rundown juga menjaid pegangan penting karena akan menjadi sumber informasi kapan harus tampil, berapa lama, bagaimana dan tampil dengan siapa. Rundown juga penting bagi mitra jika virtual event yang dilaksanakan disponsori atau didukung oleh pihak ke 3. Dengan rundown pihak ketiga dimaksud akan dapat melihat bagaimana konsep penampilan dan rencana tampil produk sponsor dalam sebuah virtual event.

FORMAT RUNDOWN

Umumnya rundown disusun dalam format kolom yang paling tidak memuat kolom nomor, durasi, segmen, pengisi acara, lokasi pengisi acara, dan peralatan yang dibutuhkan. Ada kalanya dalam sebuah acara yang besar dan komplek terdapat rundown umum yang dipegang oleh semua pihak dan ada rundown khusus untuk panduang kerja tiap unit kerja, misalnya rundown khusus pengisi acara, rundown tata suara, rundown tampilan segmen live, dsb.

 

 Contoh Rundwon Virtual Event Pramuka

Penyusunan rundown dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara. Yang penting mudah dibaca, mudah dipahami dan mudah dijadikan pedoman kerja ketika acara  virtual event berlangsung. Rundown yang baik akan menjadikan semua  pihak yang terlibat dalam acara virtual, memahami kapan dan berapa lama harus tampil, dengan cara apa tampilnya, harus bertindak seperti apa serta  dengan siapa tampilnya, dllnya.

UNSUR-UNSUR MATERI RUNDOWN

Karena rundown merupakan sebuah konsep susunan atau urutan penyajian, maka harus lengkap mencantumkan unsur-unsut materi acara virtual event. Rundown tidak hanya memuat jenis format konten utama namun juga memuat aspek-aspek element visual lainnya yang dapat difungsikan untuk mempercantik dan mendanimasikan sebuah siaran virtual event. Unsur-unusr materi rundowon virtual event Pramuka dapat berisi sbb :

1.   Unsur jenis format konten utam : yaitu konten-konten acara yang menjadi pokok acara yang disusun dalam beragam format seperti  :  video informasi, video kolaborasi, talkshow, video hiburan, video perjalanan, video instruksional, dsb.

2.  Unsur video informasi acara seperti (on air look) cuontdown, opening video, closing video, bumper (video pendek judul acara) untuk pembatas antar acara, lowerthird (logo acara, running text, title pengisi acara, dll).

3.  Unsur video pendek untuk memvariasikan tampilan seperti : iklan sponsor (jika ada), pesan dan kesan para tokoh, kutipan kata-kata bijak, video informasi pendek (biografi tokoh, tips dan trik, ilmu pengetahuan popular, sejarah, hingga pantun da syair).

4.    Dan berbagai unsur lainnya.

Keempat unsur dimaksud, disusun dalam sebuah tata urutan yang menarik, mengikat emosi penonton dari satu segmen ke segmen berikutnya, menghibur dan memuaskan penonton sehingga para penonton merasa acara sangat singkat dan padat untuk sebuah acara virtual event 2- 3 jam. Kemampuan menyusun rundown merupakan salah satu kunci keberhasilan Kakak-kakak didalam menggelar sebuah virtual event. Selamat Berlatih. Tetap produktif dan kreatif di masa pandemi.

 

Tks. Salam Pramuka. Ditulis oleh : Anis Ilahi Wh  

 

Link topik terkait :

Virtual Event Pramuka : Model Kegiatan Pramuka di Era Pandemi

Virtual Event Pramuka : Tata Kelola dan Organisasi Pelaksana

Virtual Event Pramuka : Jenis-jenis Formay Konten Acara

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKK & TKK Wajib Pramuka Siaga (10 Jenis)

SKK & TKK Wajib Penegak/Pandega (Bagian 1 : 5 dari 10 Jenis SKK & TKK Wajib)

Tanda-tanda Jejak