Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Nov 21, 2012

Berkemah : Cara Mendirikan Tenda Pramuka




CARA MENDIRIKAN TENDA KECIL


Langkah 1 :
Letakkan tenda di atas tanah yang datar dengan bagian punggung (bagian dalam tenda) ada di atas. Kemudian pasang tongkat/tiang tenda baik yang bagian belakang maupun depan. Setelah itu pasangkan pula patok-patok tenda pada pintu dan juga di tiap-tiap sudut tenda.


Langkah 2 :
Tegakkan tongkat bagian belakang, kemudian ikatkan tali pada patok baik yang depan maupun di sudut kanan kiri tenda



Langkah 3 :
Tegakan tongkat bagian depan, kemudian ikatkan tali pada patok baik yang depan maupun di sudut kanan kiri tenda


Langkah 4 :
Ikatkan tali tengah dan tarik kuat-kuat agar kencang, kemudian ikatkan tali-tali dinding - tarik kuat-kuat sehingga posisi tenda menjadi kencang.

Yang harus diperhatikan :
Hati-hati pada saat memasukan paku/ujung tiang tenda ke tenda dan hati-hati juga ketika menari tali-tali tenda. Masukan tiang dan menarik tali tenda yang tidak hati-hati bisa menyebabkan tenda robek.



CARA MENDIRIKAN TENDA BESAR

Langkah 1 :
Letakkan tenda di atas tanah yang datar dengan bagian punggung (bagian dalam tenda) ada di atas.Pasang tian tenda baik di bagian depan maupun belakang pintu tenda. Tancapkan dua patok pada garis tengah tenda. Lipat tenda menurut arah panah yang terlihat dalam gambar di bawah ini :



Langkah 2 :
Tunjuk 4 orang anggota regu untuk mendirikan tenda. 2 orang (a dan b, dalam gambar) bertugas mengangkat, mendirikan dan memegangi tiang tenda. 2 orang (c dan d), dalam gambar) bertugas menarik tali-tali tenda yang disiapkan.

Langkah 3 
2 orang (c dan d, dalam gambar), menarik dan mengikat tali pada patok tenda, dengan pembagian kerja sbb :

Pertama mengikat tali di yang ada di kedua sudut (kanan atau kiri), kemudian mengikat tali pada bagian depan/pintu tenda. Tariklah tari dengan kuat dan ikatlah dengan ikatan yang benar.

Langkah 4 :
Ikatkan tali-tali dinding tenda pada patok yang telah disiapkan. Tarik kuat-kuat agar tenda dapat berdiri kokoh dan kencang. Ikatan yang kuat dan benar akan menjadikan tenda kokoh, kuat, rapi dan enak dipandang.
 
 
Yang harus diperhatikan :
Hati-hati pada saat menarik tali agar tenda robek. 


CARA MEMASANG PATOK TENDA

Medan/lokasi pekemahan seringkali dijumpai bukan tanah yang mudah untuk menancapkan patok-patok pengikat tali tenda. Tidak jarang lokasi perkemahan merupakan tanah keras berbatu, sebaliknya juga kadang tanah gembur atau berpasir yang sangat sulit untuk menancapkan patok tenda.


Pengikat tali tenda di tanah keras.
Dapat memanfaatkan batang pohon baik satu batang atau beberapa batang pohon.Tenda yang didirikan di bawah pohon hendaknya diamati dulu kondisi pohon apakah ada batang atau ranting yang sudah rapuh sehingga beresiko jatuh ke tenda. Apakah pohon dimaksud kuat jika tertipu angin, dsb. Teknik ini dibutuhkan pengenalan kondisi pohon secara baik agar terhindar dari malapetaka.
Di tanah yang keras, tali tenda juga bisa diikatkan di tongkat kemudian sebagai penguat ditindih dengan batu-batu besar. Lihat gambar di bawah ini.

Pengikat tali tenda di tanah berpasir atau tanah gembur.
Tali teda dapat diikatkan dengan benda berat (batu, besi, batang pohon, dsb). Atau juga dapat dikaitan dengan kombinasi beberapa patok sekaligus dan kombinasi antara patok dengan batang-batang bambu/besi. Lihat gamber di bawah ini.

Selamat berkemah. Salam Pramuka


Lihat topik/entri terkait :


Sumber :


 
PT.MOLINO PRAMUKA Menyelenggarakan Umroh Pramuka tahun 2013/2014 mulai bulan Desember 2013 Informasi lebih lanjut hubungi PT.Molino Pramuka 021-8731656