Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

May 18, 2013

Berkemah : Teknologi Sederhana Penjernih Air




Pengantar
 

Kadangkala  ketika berkemah para Pramuka sulit menemukan air bersih untuk keperluan mandi, masak dan mencuci. Air bersih sulit didapatkan  salah satunya disebabkan rusaknya lingkungan terutama ruang terbuka hijau sehingga air hujan tidak lagi mampu diserap oleh tanah dengan baik yang berakibat mengecilnya sumber-sumber mata air.

Ketiadaan air  bersih untuk masak memasak dapat menimbulkan  penyakit diare, penyakit lambung dan penyakit pencernaan lainnya. Hal itu karena air kotor seringkali tercemar bakteri salmonella, E-coli bakteri dan berbagai bakteri lainnya.

Agar perkemahan dapat berjalan dengan  sehat, menyenangkan dan penuh kegembiraan maka para Pramuka dituntut mampu melakukan penjernihan air kotor dengan menggunakan teknologi sederhana. Banyak jenis teknologi sederhana penjernihan air yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan oleh para Pramuka seperti penjernihan dengan menggunakan filter bahan-bahan alami di bawah ini. Penggunaan teknologi yang tepat akan dapat mengubah air kotor  menjadi air bersih yang layak dan sehat untuk dikonsumai.

Bahan yang Dibutuhkan   
  • Dua buah drum
  • Pipa penghubung
  • Pasir
  • Arang
  • Kerikil

Gambar  Alat Penjernih


Cara kerja alat:
  • Air kotor dituangkan ke drum yang telah diberi filter dengan  lapisan pasir, arang dan kerikil. Lapisan pasir, arang, dan kerikil berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang tercampur dalam air kotor tadi. 
  • Alirkan air bersih hasil penyaringan dengan pipa/selang ke drum penampungan air bersih. Air bersih hasil penyaringan akan menjadi air sehat untuk mandi, masak dan mencuci. Namun demikian jika akan diminum harus dimasak terlebih dahulu.
  • Jika aliran air bersih makin mengecil ganti atau bersihkan pasir, arang dan kerikil yang digunakan sebagai filter.
  • Ketersediaan air bersih akan mendukung kegiatan perkemahan yang sehat, menyenangkan, ramah lingkungan serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para Pramuka dalam hal penerapan teknologi penjernihan air.


Selamat mencoba. Salam Pramuka

Lihat topik/entri terkait :


Sumber
http:// www.teknologisederhana.com/
 

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat