Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Sep 26, 2015

Berkemah : Teknologi Sederhana Pendingin (AC) untuk Tenda

image & concept : http://www.bintangtop.com/
Pengantar

  • Saat berkemah di lapangan terbuka atau di bumi perkemahan pada siang hari suhu di dalam tenda biasanya sangat panas dan gerah. Untuk mengatasi suhu panas dalam tenda memang disarankan untuk membuka pintu tenda di kedua arah agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik sekaligus mampu mendinginkan suhu dalam tenda.
  • Pada saat ini banyak sekali berkembang teknologi sederhana dapat dibikin sendiri oleh para Pramuka untuk melengkapi sarana dan prasarana perkemahan, seperti teknologi sederhana pembuatan mesin pendingin, teknologi penjernihan air, teknologi listrik dari sampah, teknologi kompor surya, teknologi sederhana alat pemberantas nyamuk, teknologi sederhana pengolahan sampah, dsb. Melalui pemanfataan teknologi sederhana ini maka perkemahan Pramuka akan sangat mengasyikan sekaligus sebagai media pendidikan untuk mengenalkan jenis-jenis teknologi sederhana yang ramah lingkungan, mengembangkan kreativitas, membangun sikap mandiri dan bangga akan produk-produk buatan sendiri.


Teknologi Sederhana 
Pembuatan Alat Pendingan Ruang/Tenda (AC Portable) dari Ember Bekas 

Pada bagian ini kami sampaikan sebuah materi menarik tentang "Cara Membuat Sendiri Pendingin Ruang - AC Portabel dari Ember Bekas" yang bisa dijadikan sebagai bahan perlengkapan perkemahan. Tulisan ini bersumber dari situs  http:www.bintangtop.com  yang kami tulis ulang untuk keperluan ensiklopediapramuka on line.

Bahan/Material :

  1. Sediakan ember air / ember cat bekas / Bak plastik kotak / lainnya yang ada penutupnya. Sebaiknya manfaatkan barang bekas yang ada.
  2. Siapkan kipas angin seadanya yang sekiranya muat untuk dipasang ke dalam ember bagian atas. Bisa kipas angin bulat ataupun kipas angin kotak semacam exhaust fan.
  3. Pipa PVC 1 ½” (sekitar diameter 42 mm) dan Gergaji
  4. Pensil/pulpen dan Pisau
  5. Blok es batu, bisa bikin sendiri ukuran  plastik 1 kiloan, bekukan dalam kulkas anda beberapa buah secukupnya.
  6. Bawa teremos/box es portabel untuk menyimpan es balok yang telah disimpan dalam plastik yang dibikin dirumah dengan lemari es sebelum perkemahan berlangsung.



Cara Pembuatan :

  • Posisikan kipas diatas tutup ember cat, tandai sekeliling dengan pensil. Lubangi bagaian atas tutup ember, sesuai tanda garis pensil tersebut. usahakan pas agar rapat saat dipasang dan angin tidak bocor keluar dari ember saat operasional.

  • Potong Pipa PVC 1 ½” sekitar panjang 70 cm - sebanyak 3 buah.
  • Lubangi ember bagian samping/dinding 3 buah sebesar diameter pipa Pvc 1 ½ inchi, posisikan agak atas. Gunakan pensil untuk membuat lingkaran dan lubangi dengan pisau atau bor bila ada.

  • Pasang 3 Buah potongan pipa tersebut pada 3 lubang yang sudah di buat sebagai Output / Keluarnya udara dingin. Tambahkan ikatan pita plastik atau lainnya pada ujung pipa sebagai sensor bahwa saat dia melambai berarti udara dingin sudah keluar.
  • Masukkan blok es batu ke dalam ember, semakin besar ukuran es batu semakin baik agar awet. (catatan : es plastik 1 kiloan jangan dilepas plastiknya, masukkan beberapa kedalam ember, setelah beberapa jam cair, masukkan kembali kedalam kulkas dimana es batu cadangan lainnya yang sudah beku di kulkas sebagai pengganti dimasukkan ke dalam ember, jadi es batu tidak akan kehabisan meskipun jangka lama)
  • Terakhir tutup ember dengan kipas yang sudah terpasang diatasnya. Nyalakan kipas dan AC Portable anda sudah beroperasi.
Selamat mencoba dan berkreasi. Salam Pramuka

Lihat entry/topik terkait :

Sumber :
http://www.bintangtop.com/2014/08/bikin-sendiri-ac-portable-dari-ember-bekas-pendingin-ruang.html






 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat