Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Apr 30, 2014

Berkemah : Membuat Lampu Hias Sederhana



Pengantar

Perkemahan merupakan salah satu metode dan mendia pendidikan kepramukaan yang "multi fungsi dan multi peran". Salah satunya  adalah sebagai media pengembangan kreativitas dan cinta lingkungan terutama dalam hal menyiapkan beberapa perangkat dan perlengkapan perkemahan. Penyiapan perangkat dan perlengkapan perkemahan yang mandiri atau berasal dari kreasi sendiri akan menambah nilai dan bobot pendidikan.

Nama Program

Membuat Lampu Hias untuk Perkemahan

Sumber
http://mstudiosolo.blogspot.com

Nilai Pendidikan
  1. Memberikan pengatuan kepada peserta didik untuk mengolah sampah/barang bekas  menjadi barang baru yang unik dan menarik. 
  2. Meningkatkan kterativitas dan ketrampilan kepada peserta didik mengolah  kertas kardus bekas menjadi barang yang cantik dan bermanfaat.
  3. Memberikan pengalaman peseta didik terhadap kegiatan  3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle yang sampai sekarang masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya.
Alat yang Diperluan
  1. Kardus bekas
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Cutter
  5. Cat semprot
  6. Lem tembak
  7. Kabel
  8. Fitting
  9. Lampu
Cara Membuat
  • Siapkan kardus bekas, tandai dengan pensil membentuk bidang persegi panjang. Dengan panjang 60cm dan lebar 21cm kemudian potong (untuk ukuran panjang dan lebar potongan dapat disesuaikan dengan kebutuhan).
  •  Langkah selanjutnya warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai dengan selera Anda, lalu diamkan sampai cat benar-benar kering.
  •  Tandai sisi panjang kardu yang tidak dicat menjadi lima bagian sama panjang, kemudian garis dengan cutter tapi ingat jangan sampai terpotong kardusnya. Hal ini bertujuan agar kardus dapat dilipat menjadi bentuk segilima sama sisi seperti yang terlihat pada gambar diatas.

  • Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm.

  •  Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar ujung potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang di cat berada pada posisi bagian dalam. sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Ini nanti akan kita gunakan sebagai frame/bingkai dari lampu gantung.
  • Selanjutnya kita siapkan untuk membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm, sesuai dengan ukuran potongan frame yang telah kita buat. Supaya mudah kita jiplak ukuran frame segilima sama sisi yang telah dibuat sebelumnya diatas kardus kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.
  • Buat lubang ditengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah kita buat sebelumnya sehingga ujung lampu dapat masuk ke fitting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.
  • Tinggal kita pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya, dan rekatkan dengan lem tembak sehingga terbentuk lampu gantung yang cantik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


Penutup 

  • Kreasi pembuatan lampu gantung ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghias sanggar pramuka, rumah dan juga tempat-tempat kegiatan lain. 
  • Kreativitas yang ramah lingkungan akan menghasilkan nilai tambah pendidikan yang tinggi bagi para anggota Gerakan Pramuka.
Selamat berlatih. Salam Pramuka.

Lihat topik/entry terkait :






 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat