Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Apr 5, 2013

Kerajinan Tangan Pramuka : Membuat T Shirt Kreatif bertema Pramuka




Pengantar
  • Kaos atau T Shirt kreatif sekarang sedang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Kaos-kaos yang dilukis dengan gambar yang indah dan slogan yang  inspiratif atau  humoris atau sindiran memang menarik ketika dipakai. Dalam kaitan dengan industri kreatif skala binis  T Shirt kreatif cukup  besar dan melahirkan banyak wirausahawan di berbagai kota wisata di Indonesia. Bahkan saat ini banyak banya bermunculan T Shir kreatif dengan slogan dan kemasan lokal. 

 
  • Gerakan Pramuka merupakan lembaga pendidikan kaya “konten”  yang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan T Shirt Kreatif baik dari aspek gambar maupun slogan.  Oleh sebab itu para pramuka  perlu terus diinspirasi dan dilatih untuk membuat T Shirt kreatif bertema Pramuka. Kemampuan ini disamping memancing daya imajinasi dan kreatifitas akan pula melatih daya inovasi dan  enterprenesurship. T Shirt Kreatif bertema Pramuka juga dapat menjadi media promosi dan komunikasi kepramukaan di ruang publik.

Metode 
Diantara berbagai metode pelatihan kerajinan tangan, maka metode  ekspresi bebas merupakan salah satu metode yang bisa dipilih oleh Kakak Pembina didalam melatih pembuatan T Shirt kreatif bertema Pramuka.  Metode ekspresi bebas identik dengan metode ekspresi – kreatif atau metode kerja cipta. Metode ini merupakan pengembangan dari pendapat Victor Lowenfield yang menganjurkan agar setiap narasumber belajar  (guru pamong, pembina, pelatih, -pen)  bermaksud mengembangkan kreasi peserta didik  untuk bebas berekspresi ( free expression ). Atas dasar itu   metode ini sering disebut metode ekspresi – kreatif.
 
Metode ekspresi bebas pada dasarnya adalah suatu cara untuk melatih peserta didik agar dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk karya seni rupa. Agar metode ini tercapai secara maksimal, maka perlu dilakukan :

Tawarkan dan tetapkan beberapa pilihan tema sebagai perangsang daya cipta
  • Kakak Pembina menunjukan beberapa contoh T Shirt Kreatif yang telah dibuat oleh orang lain baik dalam bentuk senyatanya maupun dalam bentuk gambar-gambar.
  • Kakak Pembina menjelaskan berbagai  "konten" dalam Gerakan Pramuka yang bisa dijadikan sebagai inspirasi kreatif dalam merancang ide gambar dan slogam T Shir kreatif bertema Pramuka.
Tetapkan beberapa pilihan media yang cocok 
Dalam tahap ini Kakak Pembina menjelaskan   bahan-bahan kaos, desain kaos, desain gambar, pilihan slogan, teknik produksi yang bisa dijadikan sebagai media pembuatan T Shirt Kreatif bertema pramuka.

Jelaskan alat-alat yang dibutuhkan
Kakak Pembina menjelaskan alat-alat yang dapat digunakan dalam membuat T Shirt  kreatif bertema Pramuka dari mulai teknologi yang sederhana (dibuat dengan tanga) sampai pada teknologi tinggi (bordir/cetak/ sablon komputer)  yang sekarang dipakai.


Jelaskan proses pembuatan dan peluang pengembangannya.
Kakak Pembina menjelaskan cara pembuatan dari cara yang sederhana hingga cara yang canggih, masing-masing diberi contoh. Juga dijelaskan bagaimana peluang pengembangan yang bisa dilakukan baik dari aspek desain maupun pemasaran.


Kompetensi Pembuatan T Shirt  Kreatif bertema Pramuka
  • Dibawah ini contoh cara pembuatan T Shirt kreatif bertema Pramuka dengan cara yang sederhana dan dapat dipraktekan oleh adik-adik Siaga maupun Penggalang. Untuk tingkat Penegak dan Pandega teknologi pembuatannya hendaknya dikembangkan dengan teknologi yang lebih tinggi misalnya berbasis komputer.
  • Dari contoh pembauatan T Shirt kreatif bertema Pramuka di bawah ini, terdapat 3 kompetensi peserta didik yang bisa dikembangkan Kakak Pembina yaitu : kompetensi merumuskan slogan, membuat gambar dan cara memproduksi.
  • Untuk mengembangkan kompetensi merumuskan slogan bertema Pramuka, Kakak Pembina dapat mengambil slogan-slogan dari kode kehormatan, tradisi organisasi, lagu-lagu pramuka, materi pelatihan pramuka, dsb. 
  •  Untuk mengembangkan kompetensi memuat desain gambar pramuka, Kakak Pembina dapat mengajarkan cara mencari gambar dari sumber-sumber lain (dengan metode mencontoh), menggambar kartun, gambar sketsa, gambar profile, dll. 

Contoh : Teknologi Sederhana Membuat T Shirt Kreatif bertema Pramuka

Bahan yang diperlukan :

  •     Kaos putih polos (baru atau bekas).
  •     Krayon warna.
  •     Kertas ampelas.
  •     Seterika.

Cara dan Proses Pembuatan
  • Ambil sebuah kertas Ampelas yaitu kertas dengan salah satu permukaannya  kasar seperti pasir yang sering digunakan untuk menghaluskan sesuatu, biasanya dipakai oleh para montir bengkel atau tukang kayu. Bisa memakai ampelas dengan berbagai tingkat kehalusan. Semua boleh dicoba.
  • Lukislah permukaan kertas ampelas yang kasar dengan menggunakan pensil krayon. Lukislah gambar bertema Pramuka dengan slogan yang sederhana, tidak terlalu panjang tetapi komunikatif.
  • Yang perlu diperhatikan adalah lukisan ini nantinya akan terbalik, karena akan ditempelkan di kaos dengan sisi kasar di bagian bawah. Jadi harap diingat bahwa sisi kanan akan terbalik menjadi sisi kiri, dan sebaliknya. Termasuk cara penulisan slogan agar setelah jadi bisa terbaca dengan baik maka ketika dibuat di atas ampelas tulisan slogan itu harus terbasik. Misalnya PANDU di tulis UDNAP
  • Setelah lukisan selesai, usahakan untuk menebalkan lagi ulasan warna krayonnya. Bisa dengan cara diulang-ulang beberapa kali sampai warnanya agak tebal.
  • Siapkan sebuah kaos polos. Usahakan untuk memakai kaos yang berwarna putih polos agar mendapatkan hasil lukisan yang lebih variatif dan cerah.
  • Letakkan kaos secara melebar (dihamparkan) kemudian letakkan kertas ampelas yang telah dilukis ke permukaan kaos secara terbalik (bagian halus ada di atas).
  • Letakkan pula sebuah kertas koran atau kertas apapun di dalam kaos, tepat di bawah kertas ampelas yang akan diseterika. Ini untuk mencegah warna krayon meleleh mengenai bagian dalam kaos.
  • Letakkan juga sebuah kertas di atas kertas ampelas yang akan diseterika. Ini untuk melindungi permukaan seterika agar tidak rusak tergores-gores kertas ampelas.
  • Seterika dengan hati-hati selama kurang lebih 30 detik. Gunakan panas sedang (cotton).     Setelah dirasa cukup, angkat seterika secara perlahan. Biarkan sejenak agar panasnya kertas sedikit berkurang.
  • Buka kertas ampelas secara perlahan mulai dari bagian ujungnya. Bila dirasa krayon kurang menempel, bisa diseterrika ulang sedikit lebih lama lagi.
  • Tempelkan sebuah kertas atau tissue yg agak tebal ke permukaan lukisan. Ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa lelehan krayon yang berlebihan.
  • Angin-anginkan kaos sebentar.
  • Jadilah sebuah kaos lukis unik khas anak-anak :)
Gambar Tahapan Kerja



Selamat Mencoba, Salam Pramuka

Lihat entri/topik terkait
Kerajinan Tangan sebagai Materi Kepramukaan

Sumber :
http://www.ninunik.com

Dari berbagai sumber, ditulis ulang dan diadaptasi untuk keperluan "ensiklopediapramuka" (-aiw)


 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat