IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Nov 3, 2012

Panggilan Pramuka Siaga





Pada golongan Penggalang, Penegak dan Pandega, untuk aba-aba digunakan antara lain trompet dan peluit.  tidak demikian halnya pada golongan Siaga. 
Untuk mengumpulkan anak-anak Pramuka Siaga kita gunakan kata sandi “PANGGILAN SIAGA” dengan menyerukan: …..……...”SIAAAGAAAAAAAAAA…………..!” Siaga-siaga dengan tegas, keras dan tangkas, dengan irama satu menjawab bersama-sama dengan kata-kata: …………." SIAAAAAAAAP ! …………….”  dan mencari dari mana arah datangnya panggilan itu dan siapa yang memanggilnya, serta tindakan apa yang harus dilakukannya.

Setelah mengetahui kemudian para Siagapun dengan tangkas lari ke tempat Pembina yang memanggilnya dan mengikuti isyarat yang diberikannya.

“Panggilan Siaga” adalah suatu perwujudan kesetiaan dan kepatuhan para siaga kepada Pembinanya. Pangilan siaga juga mengingatkan para Siaga akan kewajiban dan tekad seorang Siaga yang selalu "siap". Sikap seorang Siaga akan tergantung kepada sikap Pembina yang memanggilnya.
“Panggilan Siaga” selalu mengawali semua kegiatan yang akan dilakukan, khususnya di lapangan.




Lihat entri/topik terkait :
Perindukan Siaga  (Filosofi & Pengorganisasiannya),
Upacara dalam Perindukan Siaga.


Sumber :
Buku, Pedoman Pembina Siaga, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 1983
Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

Blog Archive

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER