Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Oct 31, 2012

Baris-berbaris : Bentuk Barisan dengan Isyarat Tangan




Pengantar
Bentuk barisan dengan isyarat tangan merupakan metode baris berbaris dalam pendidikan kepramukaan yang sangat penting untuk menanamkan sikap disiplin, kerjasama, kekompakan, kecermatan kerjasama kelompok, rasa saling percaya dan sikap penuh tanggungjawab untuk menjaga reputasi kelompok (regu/sangga). Kegiatan ini merupakan jenis kegiatan membentuk formasi berbagai bentuk barisan yang disesuaikan dengan isyarat tangan oleh Kakak Pembina, Pembantu Kakak Pembina, Pemimpin Sangga atau  oleh berbagai pihak lain yang menjadi pemimpin barisan.

Baris berbaris membentuk barisan dengan isyarat tangan bisa dilombakan antar gugusdepan maupun antar kwartir. Kegatan ini juga bisa menjadi sebuah eksebishi yang menarik kepada masyarakat luas karena akan dapat mencerminkan sikap sikap disiplin, kerjasama, kekompakan, kecermatan kerjasama kelompok, rasa saling percaya dan sikap penuh tanggungjawab para anggota Pramuka. Perubahan dari satu formasi ke formasi lain akan membentuk sebuah pertunjukan yang sangat menarik dan penuh kecermatan.

Fungsi
Pembentukan formasi barisan berfungsi untuk berbagai keperluan, misalnya keperluan upacara pembukaan latihan dan penutupan, persiapan lomba, persiapan permainan, persiapan pengumuman/penjelasan, dsb.

Jenis
Bentuk Barisan dengan isyarat tangan, terdiri dari jenis-jenis sbb : Angka Re, Berderat, Lingkaran Besar, Lingkaran Kecil, Setengah Lingkaran, Barisan Terbuka, Barisan Tertutup, Barisan Perlombaan, Barisan Bentuk Panah/Ruji-ruji, Barisan Selat, Barisan Selat Balik, Barisan Bentuk Roda, Barisan Berbanjar.

Bentuk gambar



















Selamat berlatih, salam pramuka.
 

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat