Regu Penggalang : Melatih dan Membina Anggota Baru

 

 

 

 

 

 

MELATIH DAN MEMBINA ANGGOTA BARU

Sewaktu-waktu regumu akan menerima anggota baru untuk melengkapi dan memperkuat regumu!

Untuk itu adik selaku PINRU dan sebagai Kakak dari anak-anak itu harus dapat membina dan memberikan tuntunan untuk menjadi anggota regumu dan menjadi seorang Pramuka Penggalang yang berwatak dan berkepribadian luhur, cerdas dan tangkas sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Dasa Darma dan Trisatya. Jadi jelaslah, bahwa anak yang baru itu juga harus bersifat ksatria seperti adik sekarang ini.

Pembinaan dan tuntunan yang diberikan kepada anak itu tentu tidak adik lakukan sendiri. Adik dapat menunjuk salah seorang anggota regumu yang sudah mencapai tingkat Rakit atau Terap atau anak lain sesuai dengan pembagian tugas dalam regumu. Anggota yang ditunjuk untuk menuntun anak itu bertanggung jawab sampai anak yang baru itu mengenal dan tahu kehidupan dalam regu dengan jiwa regu, tata kehidupan regu dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam Gerakan Pramuka, khususnya dalam regumu. Penuntun yang bertangung itu harus berusaha memberikan gambaran nyata tentang peri kehidupan Pramuka Penggalang dalam regumu dan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka.

Sebelumnya, sudah barang tentu Pembinamu yang menerima anak itu, dan telah diberikan gambaran nyata olehnya. Tapi tidak selengkapnya. Hanya garis besarnya saja. Kepada anak itu harus diberi contoh-contoh yang nyata dari pribadi kita atau si penuntun itu sendiri, disamping contoh-contoh lainnya. Si penuntun harus dapat membuat anak yang baru itu senang dan merasa dirinya kerasan seperti berada dalam lingkungan keluarganya sendiri, di dalam regumu itu. lni harus benar-benar dapat adik usahakan.

Bila anak itu sudah merasa dirinya kerasan dan senang dengan cara hidup berpramuka dalam regumu dan ia memilih jalan untuk menjadi anggota regumu, maka si penuntun melanjutkan tuntunan dan bimbingannya agar anak itu memahami Dasa Darma dan Trisatya Pramuka Penggalang. Sudah barang tentu diperlukan waktu cukup lama, karena kita tidak dapat memberi pengertian itu sekaligus kepada anak yang baru masuk itu. Sebagai PINRU adik juga harus memberikan dorongan kepada si anak dan menjelaskan syarat-syarat yang harus ditempuh dan ditaati oleh setiap Pramuka Penggalang. Syarat-syarat itu seperti halnya dengan SKU tingkat Penggalang Ramu. (Pelajari buku kecil Menempuh Kecakapan Umum Tingkat Ramu).

Di samping itu adik pun memberikan penjelasan kepadanya, bahwa :
  • Ia dapat menjadi seorang Pramuka Penggalang yang baik, bila ia mau berusaha dengan giat dan rajin.
  • Teman-teman seregunya akan membantu dengan ikhlas hati bila diperlukan.
  • Ia dapat dipercaya karena kehormatan dirinya.
  • Ia harus rajin dan giat mengikuti latihan dan pertemuan yang diadakan oleh regu dengan riang dan gembira.
  • Ia selalu berbuat jasa dan berbakti serta berbuat kebajikan terhadap sesamanya, terutama kepada kedua orang tua di rumah dan kepada guru di sekolahnya.
  • Pramuka Penggalang dikenal orang berkelakuan baik, sopan santun dan perwira, bukan karena seragam dan tanda-tanda pramukanya saja.
  • Cita-cita Pramuka lndonesia tersirat dalam Dasa Darma Pramuka yang diminta untuk diamalkan serta ditepati oleh setiap anggota keluarga besar Gerakan Pramuka lndonesia.

Selanjutnya segala sesuatu yang perlu diketahui dan dikuasai oleh anak itu diberikan sambil berjalan di dalam dan di luar pertemuan atau latihan regu/pasukan. Dengan cara beranjang karya ke rumah anak itu atau sebaliknya adik atau si penuntun akan berhasil membina anak itu. Tetapi ingat, bahwa setiap anak atau manusia mempunyai kesibukan di rumahnya masing-masing. Maka pilihlah waktu yang baik dan senggang untuk melakukan anjang karya itu.

Bila anak itu telah memenuhi SKU penggalang Ramu dengan baik, maka anak itu dibina dan diajarkan dalam musyawarah Dewan Kehormatan. Dalam Dewan Kehormatan ini diadakan pembicaraan dan penelitian atas diri anak itu. Maka Pembinamu akan melantiknya, bila sidang Dewan Kehormatan itu menganggap baik dan menerima pengajuanmu itu. Anak itu dilantik oleh Kakak Pembina Pasukan dalam suatu Upacara Pelantikan Pasukan yang sederhana tetapi khidmat dan berkesan bagi si anak yang dilantik, yang dihadiri pula oleh kedua orang tua si anak dan para undangan lainnya bila diperlukan.

Selaku PINRU berusahalah melatih dan membina serta rnenuntun anak yang baru itu, disamping para anggota regumu. Mintalah saran-saran dan petunjuk-petunjuk dalam hal ini dari Kakak Pembinamu. Sebab sudah barang tentu adik masih banyak kekurangannya, baik di dalam cara maupun di dalam pelaksanaannya. Kakak Pembinamu akan selalu bersedia menerimamu dan memberikan petunjuk.

  • Usahakan agar anak yang baru itu mengerti akan adanya kerukunan dan kegotongroyongan dalam regumu.
  • Tanamkan rasa persaudaraan dalam regumu dengan gambaran nyata kepada anak yang baru itu.
  • Doronglah dia agar dia mau bersama-sama anggota regu lainnya mencapai cita-cita regu dan cita-cita Gerakan Pramuka.
  • Ingatkan padanya, bahwa kewajiban utama dalam melangkah menuju hidup, adalah taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Lihat entri/topik terkait :

Sumber :
"Penuntun Bagi Pemimpin Regu", TA Soebandi MT. Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta 1988.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama