Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Jun 26, 2014

Regu Penggalang : Menjadi Wakil Pemimpin Regu







Kita belum banyak membicarakan tugas temanmu yang setia, ialah Wakil Pemimpin Regu. Adik harus ingat, bahwa temanmu itu adalah seseorang yang adik pilih sendiri untuk menjadi seorang wakil pemimpin regumu. Tugasnya ialah membantu dan menjadi tangan kananmu dalam memimpin regu.

Berat juga juga tugas temanmu yang setia itu, bukan? Ia juga mempunyai tanggmg jawab yang besar seperti adik terhadap anggota dan regunya. Walaupun ia mengenakan tanda jabatan WAPINRU dengan satu janur merah saja pada lengan kirinya, akan tetapi tidaklah ringan tugas dan kewajibannya terhadap regunya.

Ia adalah pembantumu yang setia dan mewakili adik bila adik berhalangan. Ia tidak kurang pentingnya dibandingkan teman-teman lainnya seperti juru uang, juru tulis, juru perlengkapan, dan juru-juru lainnya yang ada dalam regumu. Mereka semua berguna bagi regumu. Maka dari itu, adik harus berusaha untuk dapat bahu-membahu dan akrab mengatur dan menuntun anggota regumu bersama teman setiamu itu, yang ditunjuk sebagai WAPINRU. Segala rencana regu dan apapun yang akan dikerjakan oleh regumu, diolah dan diatur bersama dengan wakilmu itu. Karena bila adik-adik berhalangan, maka regumu tidak akan terhenti dengan segala rencana kegiatannya. Wakilmu itulah yang dapat menggantikan atau mewakili pelaksanaan rencana kerja yang telah direncanakan dan diputuskan musyawarah regumu. Ia bertanggung jawab selama adik berhalangan kepada regumu dalam segala kegiatan regu.

Dengan dua orang, pemimpin dan wakilnya, adik akan lebih banyak tahu daripada seorang saja. Mungkin temanmu itu ada kelebihan pengetahuan daripada yang adik miliki dalam membawa regunya lebih maju dan lebih hidup dan berkembang lagi. Ini akan membantu tugasmuu , pemimpin dalam regumu dan meringankan bebanmu.

Suatu keuntungan bagimu mempunyai tangan kanan yang setia dan cakap dan para pembantu lainnya yang cakap juga. Dari sini adik dapat menambah lebih banyak Iagi pengalaman dan pengetahuan dalam kepramukaan dan memimpin. Usahakan selalu keakraban dan kerja sama antara adik dan temanmu yang setia itu, terjalin dengan baik dalam membawa dan menghidupkan regumu untuk membuktikan bahwa regumu telah teratur dan tertata, harus ada bukti-bukti yang menunjukkan hal itu, antara lain dalam administrasi regu yang dipegang oleh jurutulis regu. Ia yang memegang Buku Harian (Logbook) yang berisikan catatan yang dialami regu. Artinya segala kegiatan atau aktivitas regu dicatatnya dengan baik, rapi dan teratur.

Disamping itu pula Buku Khusus Regu yang disebut Buku Notulen yang mencatat segala keputusan musyawarah regu selalu diisi bila regu itu bermusyawarah dan menghasilkan keputusan. Di dalam buku acara latihan dan pertemuan regu tercatat acara regu dalam latihan, perkemahan yang mengenai latihan kecakapan umum, dan lain sebagainya yang bertalian dengan kegiatan regu dan untuk kenaikan tingkat seorang anggota atau lebih. Kemudian Buku Peringatan Regu yang berisi catatan-catatan kegiatan regu dalam perkemahan, perkenalan dan lain-lain kegiatan regu yang telah dialami regu itu. Buku ini diisi oleh setiap anggota regu dengan sajak-sajaknya dan karangan-karangan mengenai kegiatan waktu itu yang disertai dengan gambar-gambar sketsa atau potret.

Yang terakhir adalah Buku Regu, yang mencatat :
  1. Nama pemimpin regu dan nama regunya; Nama pasukan dan nama pembina-pembina pasukan; Alamat pasukan dan kwarrannya.
  2. Alamat pejabat penting dan nama pejabat yang ada di daerahnya;
  3. Ketentuan dan peraturan serta tata tertib regu;
  4. Daftar nama-nama petugas dalam regu;
  5. Daftar nama-nama anggota regu dan alarnatnya;
  6. Daftar nama dan tingkat yang dicapai anggota-anggotanya;
  7. Peristiwa-peristiwa penting yang dialami anggota regu.
Dari isi buku-buku itu semua kita dapat melihat kemajuan-kemajuan apa yang dapat melihat kemajuan-kemajuan yang dicapai oIeh regu itu. Juga dapat dilihat apakah adik benar-benar menata regumu dengan baik, tertib dan teratur.

Bersama wakilmu itu adik mengadakan penelitian sekali lagi dalam sebulan atau dua bulan. Adik akan mendapat petunjuk dari Kakak Pembinamu tentang administrasi praktis dalam menata regumu di bidang administrasi ini. Pada pokoknya tatalah dan olahlah regumu bersama wakilmu dan ikut sertakanlah anggota regumu dalam segala bidang tugas kewajiban yang dibebankan kepada regumu.
Jangan membiarkan seorang dari anggota regumu tanpa tugas di kala regumu mengerjakan suatu pekerjaan, baik dalam hal berlomba maupun dalam acara latihan regu atau latihan pasukan.

Usahakanlah semua itu dengan cara belajar, berlatih dan berkarya sebanyak-banyaknya di rumah, di sekolah dan di mana saja engkau berada.


Lihat entri/topik terkait :

Sumber :
"Penuntun Bagi Pemimpin Regu", TA Soebandi MT. Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta 1988.



 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat