IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

May 18, 2014

Permainan Pramuka Siaga : Polisi & Pengacau



NAMA PERMAINAN
Polisi - Pengacau

KATEGORI
Permainan Siaga

TUJUAN
Permainan ini bertujuan meningkatkan kemampuan penginderaan, ketelitiaan, kegembiraan dan kecerdikan.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
  • Meningkatkan semangat kebersamaan dan keakabaran sesama teman
  • Meningkatkan kemampuan penginderaan dan keelitiaan
  • Meningkatkan kemampuan mengatasi persoalan dan hambatan
  • Meningkatkan kecerdikan keluar  situasi yang tidak nyaman

METODE
Permainan kelompok

PESERTA
Pramuka Siaga

WAKTU
45 menit
  • 05 menit Pengantar dan briefing.
  • 20 menit Proses
  • 20 menit pemaknaan dan debriefing
TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan

PERALATAN
  • 8 kantong kertas merah, 8 kantong kertas biru (bisa warna lain)
  • Dasi/stangan leher
  • Tali (rafia, kain, dll)
  • Kapur untuk garis

PELAKSANAAN
  • 2 barung yang ditunjuk bermain, 2 barung lainnya untuk menonton. Pada putaran kedua barung yang menonton menjadi pemaian, barung yang  bermain menjadi penonton.
  • 2 barung yang bermain, diatur saling berhadapan dengan jarak minimal 5 meter.
  • 1 barung kepalanya ditutup dengan kantong merah sebagai polisi, 1 yang lainnya ditutup dengan kantong kertas biru sebagai pengacau.
  • 1 barung yang bertindak sebagai polisi mengikat lengan tangan kanannya dengan dasi, 1 barung yang bertindak sebagai pengacau mengikat lengan kanannya dengan tali.
  • Setelah semua siap, sebelum permainan dimulai Yanda dan Bunda memberi penjelasan singkat dan mengajak bersama untuk bertepuk tangan dan menyanyi terlebih dahulu biar semangat.
  • Permainan dimulai. Yanda/Bunda memberi aba-aba "Jalan", maka kedua barung itu merangkak ke jurusan lawan dengan diam-diam menuju lawannya. Barung penonton bisa memberikan dukungan untuk bersemangat.
  • Bila dua barung sudah bertemu maka tugasnya adalah meraba-raba lengan kanan. Jika teman dilepaskan. Jika lawan dirampas topinya.
  • Barung yang berhasil mengumpulkan/merampas topi lawan merupakan barung yang menang.
  • Durasi permainan antara 5 - 10 menit.  
  • Putaran pertama selesai dilanjutkan dengan putaran dua (bergantian dengan barung yang pada putaran pertama jadi penonton).  
DEBRIFING
  • Setelah permainan selesai Yanda/Bunda mengajak para siaga untuk mendiskusikan pengalamannya dengan fokus apa makna panca indera penglihatan, makna ketelitian, makna kejujuran, makna kalah menang, dst.
  • Yanda/Bunda bisa mengaikan permainan ini dengan materi lain misalnya penghayatan kode kehormatan pramuks siaga, pentingnya kebugaran dan kesehatan tubuh, dll
  •  Acara selesai.

Selamat berlatih. Salam Pramuka.


Lihat entry/topik terkait :


Sumber :
Buku "284 Permainan Siaga"  Kedai Pramuka Kwarnas- Jakarta, 1990 
Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER