Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Apr 22, 2014

Ketrampilan Pramuka : Bermain Sulap Mengubah Warna Balon




Pengantar
Agar dapat menghadirkan latihan pramuka yang rekreatif, inspiratif, motivatif dan edukatif seorang Pembina Pramuka perlu membekali diri dengan beragam ketrampilan tambahan seperti bercerita, berstand up komedi, melukis, bernyanyi, bermain tepuk tangan, bermain sulap, dsb. Ketrampilan-ketrampilan tersebut bisa dijadikan sebagai acara selingan latihan agar peserta didik dapat mempertahankan stamina dan minatnya  hingga latihan berakhir.

Bermain Sulap : Mengubah Warna Balon
  • Si pesulap mengeluarkan sebuah balon yang mempunyai warna ungu atau warna lain yg penting gelap yang telah disiapkannya sebelumnya.
  • Balon itu ditunjukkan kepada adik-adik/pemirsa dan selanjutnya balon tersebut dilambung-lambungkan keatas.
  • Hingga pada suatu ketika si pesulap akan menangkap balon yang dilambungkan sambil memutarkan tubuhnya membelakangi penonton dan ketika pesulap itu berbalik lagi menghadap penonto maka balon yang berada ditangannya telah berubah  warna misalnya kuning menjadi merah.

Bahan permainan:

Untuk melakukan pertunjukan ini diperlukan bahan-bahan:
  • 2 buah balon dengan warna yg berbeda atau lebih dan gunakanlah balon yang mudah . pecah dan tidak begitu bersuara.
  • Sebuah jarum yang pada pangkalnya diberi sedikit pegangan agar bisa dijepit atau dipegang oleh jari tangan(jarum pentul).

Rahasia Permainan :
  • Persiapan permainan - mengatur penonton : Aturlah adik-adik untuk duduk berbaris didepan Kakak-kakak, jangan ada yang disamping dan jangan ada yang dibelakang Kakak-kakak. Atur jarak pandang sedemikian rupa agar permainan/trik dari sulap ini tidak terlihat oleh adik-adik/peonton.
  • Persiapan permainan - mengatur balon sebagai alat sulap : Masukkan salah satu balon kedalam balon yang lainnya (usahakan balon luar berwarna gelap, misalnya hitam dan balon yang di dalam berwarna merah). Kemudian tiup balon pertama yang diluar hingga besar dan balon kedua tidak terlalu  besar sehingga ada ruang antara kulit balon pertama dengan kulit balon kedua.  Usahakan jarak antara kulit balon pertama dan kedua jangan terlalu dekat atau terlalu jauh. Setelah  ditiuap dan dua balon itu seolah menyatu ikatlah dengan baik. Jangan lupa siapkan  jarum yang hendak digunakan untuk menusuk balon luar dan selipkan pada jas atau baju anda dan usahakan atau tempat lain yang mudah diambil dan  tidak terlihat oleh adik/adik atau penonton.
 
  • Di awal permainan : balon yang telah ditiup dan jarum siap digunakan. Silakan  keluarkan balon yang sudah disiapkan atau diletakkan diatas meja atau tempat lain di depan peserta. -lemparkan balon ke atas dengan tangan kiri untuk mengalihkan perhatian penonton supaya tangan kanan anda bisa mengambil jarum yang telah disiapkan. Sambil melempar-lemparkan balon Kakak-kakak bisa membangun suasana dramatis dengan kata-kata, misalnya : "Hanya seorang pesulap yang sangat canggih yang mampu mengubah warna balon ini dari warna semula hitam akan menjadi merah. Sulap ini tidak mengandalkan bantuan jin, hantu atau sejenisnya namun hanya semata-mata kekuatan mata pesulap untuk mengubahnya .... dst, dst. Semakin dramatis kata-kata akan semakin membentuk suasana mengundang rasa ingin tahu.
  • Di tengah permainan : Ketika Kakak  berhasil mengalihkan perhatian penonton agar terpusat pada balon yang dilempar-lempar ke atas dan terpusat pada kata-kata Kakak,  maka segeralah tangan kanan mengambil jarum yang telah disiapkan dan selipkan pada jari-jari tangan kanan dengan rapi.
  •  Klimak permainan : Lemparkan kembali lagi balon  keatas dan dengan gaya tubuh berputar sehingga membelakangi penonton tangkap balon itu dengan tangan kiri. Usahakan pada saat menangkap balon itu Kakak-kakak  dalam posisi menghadap kebelakang dan sempurna membelakangi adik-adik/penonton. Pada saat kakak menghadap kebelakang posisikan balon tersebut persisi didepan tubuh Kakak  sehingga adik-adik/penonton tidak bisa melihatnya. Bersamaan dengan itu tusuklah balon terluar atau balon pertama dengan menggunakan jarum hingga meletus. Cara menusuk harus hati-hati supaya tidak terjadi letusan dengan suara keras dan juga tidak menusuk balon yang ada didalam. Setelah balon luar meletus dan balon yang didalam  yang berbeda warna tampak, maka tunjukkan kehadapan penonton/adik-adik. Lakukan semua gerakan itu dengan cepat.  
  • Di akhir permainan : Ajak penonton memberikan applaus agar suasana gembira dan segar tercapai untuk melanjutkan acara latihan berikutnya.

Tips & Trik
  • Ingat! Kecepatan gerakan anda sangat mendukung permainan agar tidak terlihat oleh penonton, oleh sebab itu berlatihlah secara rutin.
  • Bisa diiringi dengan musik untuk meredam suara letusan balon. 
  • Dukungan akting (gerak tubuh) dan susunan kata-kata yang memukau dan mengundang rasa ingin tahu akan menambah bobot permainan ini.
  • Survey lokasi untuk mengatur penonton baik jarak maupun kompisisi sangat penting dilakukan agar meyakinkan bahwa semua gerakan ketika berbalik tidka terlihat oleh penonton.
  • Kemampuan melakukan gerakan secara cepat dipadu dengan dramatisasi yang didukung dengan gerak tubuh dan pilihan kata yang bagus akan tetap dapat memukau penonton terhadap permainan ini, meskipun penonton bisa jadi telah memahami trik/rahasia sulap ini.
  • Selamat berlatih dan mencoba.

Lihat entry/topik terkait :
  •  Sulap Sebagai Media Pendidikan Kepramukaan Yang Menghibur
Sumber :
  • triksulapkartusederhana.blogspot.com/2014/01/

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat