IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Jun 9, 2013

Permainan Pramuka : Ice Breaking "Sohib Sandi"





Kriteria         
Ice Breaking.

Referensi    
101 More training games.

Lokasi :
Indoor/outdoor 

Tujuan         
  1. Peserta didik menghayati pentingynya kerjasama antar anggota tim
  2. Peserta didik mampu membuktikan pentingnya berkomunikasi dengan baik dalam kelompok
  3. Peserta didik mampu mengubah sikap individualisnya untuk lebih menghargai sikap berkelompok. 
  4. Peserta didik mampu membandingkan antara indivisu yang diterima dalam kelompok dan mana yang tidak.

Prosedur    :
  1. Peserta diminta untuk berdiri membentuk lingkaran mengelilingi Kakak Pembina
  2. Tiap peserta diminta memilih 2 orang peserta lain (hanya dalam hati saja) dan mereka yang dipilih disebut sebagai (A) dan (B).
  3. Kemudian peserta tersebut diminta untuk berada sedekat mungkin dengan (A) dan pada saat yang bersamaan, mereka juga harus berada sejauh mungkin dari (B) tanpa bersuara.
  4. Dilihat aktivitas yang terjadi dan dibatasi waktu permainannya.
Observasi & Diksusi
  1. Kecendrungan yang terjadi akan ada peserta yang saling memilih sehingga saling mendekati. Di waktu yang sama peserta yang saling memilih tersebut memiliki pilihan (B) yang berbeda sehingga akan terjadi tarik menarik.
  2. Kecenderungan  yang lain akan data peserta yag menjadikan kawannya si A tetapi justru kawannya itu menjadikan dirinya Si B, dst, dst.
  3. Diakhir permainan setiap orang membuka pilihannya kenapa kawannya dijasikan A dan kenapa kawan lain dijadikan B. Kenapa Ia berhaisl mendekati, kenapa ia berhasil menjauhi.
  4. Diakhir permainan Kakak Pembina menunjukan mana dua orang yang sama - sama memperlakukannya sebai si A dan memperlakukannya orang yang sama sebagai si B. Kakak Pembina mendiskusikan kenapa ini bisa terjadi dan juga mendiskusikan kombinasi-kombinasi lainnya, semua pembahasan diarahkan untuk memahami makna "persahabatan" dan kesediaan untuk hidup "bekelompok".

Selamat berlatih, bergembira dan bermakna. Salam Pramuka.


Lihat Entri/Topik Terkait
Permainan sebagai media pendidikan kepramukaan
Taksonomi Bloom
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Angin Ribut"
Permainan Pramuka :  Ice Beaking "Robek Kertas"

Sumber :
Outdoor Games Ala Pramuka, Kwarda DKI, Jakarta 2004 - disesuaikan dan ditulis ulang untuk keperluan "ensiklopedia pramuka"  (-aiw)



Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER