Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Jun 9, 2013

Permainan Pramuka : Ice Breaking "Robek Kertas"






Kriteria        
lce Breaking

Referensi    
101 more training games

Lokasi
Indoor/outdoor

Tujuan
  1. Peserta didik mampu meningkat konsentrasinya
  2. Peserta didik mampu menghayati arti dan pentingnya indera penglihatan
  3. Peserta didik mampu membandingkan hasil pekerjaan dari dua keadaan

Prosedur    :
  1. Jika ada 4 kelompok (barung/regu/sangga) maka dibagi dua, 2 kelompok sebagai pengamat 2 kelompk lain sebagai pemain. Pengamat harus mencatat apa yang terjadi dan menyampaikan pada diskusi di akhir permainan.
  2. Berikan 1 lembar kertas pada masing-masing anggota kelompok yang akan menjadi pemain.
  3. Anggota kelompok yang bermaian akan ditutup matanya pada saat mendengar instruksi.
  4. Setelah mereka menutup mata, Kakak Pembina memberi instruksi : Pertema, mereka diminta melipat kertas menjadi 2 bagian. Kedua  setelah kertas tersebut dilipat mereka diberi instruksi lagi untuk merobek ujung kanan dari kertas tersebut. Ketiga setelah dirobek mereka  diberi instrusi lagi untuk melilipat kerta  menjadi 2 dengan bagian dan ujung kanan dari kertas tersebut disobek juga. 
  5. Pada saat Kakak Pembina memberikan instruksi, Kakak Pembina juga juga melakukan hal yang sama untuk nanti dibandingkan dengan hasil para peserta di akhir permainan
  6. Setelah semua instruksi diberikan, peserta diminta untuk membuka mata dan membuka lipatan kertas mereka.
  7. Peserta akan melihat berbagai macam bentuk dari lipatan kertas dan kemudian dibandingkan dengan Kertas Kakak Pembina.

Observasi dan Diskusi

  1. Kakak Pembina membandingkan antara hasil yang dilakukan oleh peserta didik dengan yang dilakukan oleh dirinya. Kemudian memberikan pertanyaan kenapa beda, apa penyebabnya, dst.
  2. Kakak Pembina membandingkan hasil yang dikerjakan oleh peserta didik, kenapa dengan instruksi yanga hasil bisa berbeda. Faktor apa yang menjadi penyebab.
  3. Kakak Pembina meminta pendapat pada para peserta dan juga kelompok yang menjadi pengamat atas situasi dan perbedaan-perbedaan di atas.
  4. Kakak Pembina memberikan perhatian terhadap hasil-hasil sobekan yang  sangat berbeda dan menimbulkan kelucuan dari beberapa peserta, kemudian memberikan komentar untuk membangun kegembiraan. 


Selamat berlatih, bergembira dan bermakna. Salam Pramuka.


Lihat Entri/Topik Terkait
Permainan sebagai media pendidikan kepramukaan
Taksonomi Bloom
Permainan Pramuka : Ice Breaking "Angin Ribut"

Sumber :
Outdoor Games Ala Pramuka, Kwarda DKI, Jakarta 2004 - disesuaikan dan ditulis ulang untuk keperluan "ensiklopedia pramuka"  (-aiw)





 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat