Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Sep 18, 2012

Bumi Perkemahan Sungai Gelam Kwarda Jambi


Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi merupakan bantuan lahan hak pakai dari Pemerintah Propinsi Jambi. Hal itu sesuai Keputusan Gubernur KDH Tk. I Jambi nomor : 357 Tahun 1985 tanggal 7 Desember 1985 tentang pencadangan tanah untuk Keperluan Lokasi Camping Ground Pramuka di Desa Sungai Gelam Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Daerah Tingkat II Batanghari, seluas 4.894.735 m2 terletak di Desa Sungai Gelam Kabupaten Batanghari dengan jarak 27 km dari Kota Jambi, dengan Buku Tanah 3479 Tahun 1987 GS = No. 1139/1987.

Sejak diberi kewenangan hak pakai dimaksud, Kwarda Jambi terus melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana agar mampu mendukung kegiatan kepramukaan dan kegiatan kepemudaan secara optimal. Kini Bumi  Perkemahan Pramuka “Sungai Gelam”  merupakan Kampus dan Pusat kegiatan Kepramukaan di Provinsi Jambi yang  penataan dan pembangunannya terus dilakukan  dengan mempertimbangkan aspek sosial (ACCEPTABLE ), pendidikan ( EDUCATION ),  serta teknis  kegiatan ( WORKABLE ).

Pengembangan Kawasan Bumi Perkemahan Sungai Gelam terdiri dari 2 (dua) kawasan yaitu:
  • Kawasan I  (seluas 43.692 m2 ) : saat ini telah ditata dan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi  dan Kwarda Jambi berupa penataan sarana dan prsarana pendukung kegiatan perkemahan seperti lapangan upacara, sarana dan prsarana kegiatan, gedung pendukung kegiatan, dan berbagai sarana lainnya.
  • Kawasan II (seluas 22.972 m2 ) : terletak di sebelah timur Kawasan I (Buper yang sudah dikembangkan) dipisahkan oleh sungan kecil dan berbatasan dengan Jl. Pramuka kawasani ini merupakan tanah produktif yang dikelola oleh masyarakat sekitar Buper melalui perjanjian kerja sama pengelolaan dan sudah dikelilingi oleh pagar kawat berduri. Pada tahun 2010 perjanjian dengan masyarakat telah dihentikan karena akan dibangun untuk Puskepram .

Lokasi Bumi Perkemahan Sungai Gelam yang terletak cukup jauh dari  kota sangat ideal untuk kegiatan kepramukaan. Suasana perkampungan dan hutan alam yang mengelilingi merupakan medan latihan  “cinta alam” yang sangat baik bagi para Pramuka.  Bumi Perkemahan ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah berupa danau/sungai yang memisahkan antara lokasi perkemahan  dan lokasi kegiatan. Penataan sekitar danau yang dilengkapi dengan fasilitas “joging track” melingkar  memperindah suasana bumi perkemahan yang sangat dekat dengan alam ini.

Lokasi dengan pemandangan yang indah, alam yang masih hijau, jauh dari keramaian kota namun mudah dijangkau, menjadikan Bumi Perkemahan Sungai Gelam sebagai salah satu lokasi tujuan wisata yang ramai pengunjung. Bumi perkemahan ini juga sering digunakan oleh berbagai organisasi pemuda untuk melakukan pendidikan dan pelatihan para kader-kadernya.

Pada tanggal 17 – 23 November 2012 di Bumi Perkemahan Sungai Gelam Kwarda Jambi diselenggarakan PERKEMPINAS (Perkemahan Putri Nasional) yang diikuti oleh Pramuka Penegak Pandega Putri seluruh Indonesia dan tamu undangan dari luar negeri.


Lihat Entri/Topik terkait :
Kwarda Jambi, Bumi Perkemahan, Perkempinas

Sumber :
Dokumen Pengembangan Bumi Perkemahan Sungai Gelam Jambi - Kwarda Jambi & Kwarna Gerakan Pramuka Tahun 2010



print this page Print this page

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat