Bumi Perkemahan Cenderawasih Kwarda Papua



Bumi  Perkemahan Cenderawasih  Gerakan Pramuka Kwarda Papua, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke 2  Bapak Soeharto  bertepatan dengan  pelaksanaan Munas Gerakan Pramuka tanggal 2 November tahun 1993. Letak kawasan Bumi Perkemahan Cenderawasih Jayapura , Papua secara administratif berada di distrik Hedam kabupaten Jayapura.

Luas wilayah bumi perkemahan  660 Ha,  merupakan kawasan perbukitan dengan panorama yang sangat indah.  Potensi karakteristik yang berupa keindahan alamiah tersebut menjadikan bumi perkemahan Cenderawasih memiliki  daya tarik untuk dikunjungi. Kini keberadaannya selain sebagai tempat kegiatan kepramukaan juga menjadi  tempat tujuan rekreasi dan olahraga,  tempat pelatihan  dan pembinaan  kader organisasi kepemudaan dan  juga tempat pelatihan berbagai instansi  pemerintah maupun swasta.

Untuk mencapai kawasan Bumi Perkemahan Cenderawasih dapat melalui jalur darat dengan kondisi dan kualitas jalan yang memadai.  Jarak bumi perkemahan  dari pusat kota Waena kurang lebih 2,5 Km,  dapat ditempuh  dengan angkutan umum. Jalan menuju bumi perkemahan beraspal mulus, berkelok dan menanjak sehingga kota Abepura dan Danau Sentani tampak indah di kejauhan pandangan mata. Wilayah Bumi perkemahan Cenderawasih berada diantara pusat kota Abepura dan kota Sentani. Dengan letaknya yang sangat strategis tersebut maka pengunjung yang datang umumnya berasal dari penduduk sekitar wilayah kabupaten Jayapura dan kabupaten Kerrom.

Bumi perkemahan Cenderawasih dilengkapi dengan berbagai sarana rekrasi seperti kolam pemancingan, stadion mini dan sarana olah raga, sarana kegiatan event out door, sarana  lintas alam dan juga sarana olahraga otomotif seperti road race dan lintasan motocross.

Pada tanggal 8 – 15 Oktober 2012  di Bumi Perkemahan Cenderawasih diselenggarakan Raimuna Nasional X yang diikuti oleh Para Pramuka Penegak Pandega dari seluruh Indonesia dan beberapa kontingen tamu dari luar negeri.


Lihat Entri/Topik Terkait :
Kwarda Papua, Raimuna, Bumi Perkemahan.


Sumber :
Dokumen Pengembangan Buper Cendrawasih Papua -  Kwarda Papua & Kwarnas Gerakan Pramuka 2011

print this page Print this page
Lebih baru Lebih lama