IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Nov 10, 2014

Raimuna : Latar Belakang & Sejarah






Istilah Raimuna lahir dari sebuah forum diskusi LPK (Latihan Pengembangan Kepemimpinan Pramuka Penegak Pandega) tahun 1975. LPK tersebut  dikuti oleh para Ketua dan Anggota DKD (Dewan Kerja Daerah) se Indonesia. Para peserta  dilatih dan digembleng  kepemimpinannya oleh  Kakak-kakak  Andalan KWARNAS.

Dalam forum LPK tersebut dielenggarakan beragam diskusi,  salah satunya hasil diskusi adalah menyepakati  untuk mengubah  nama PERPPANITRA (Pertemuan Penegak Pandega Putra Putri) dengan padanan kata atau arti kata yang diambil dari khasanah kekayaan budaya daerah. Saat itu secara aklamasi secara aklamasi diputuskan untuk mengambil kata dari khasanah budaya daerah Papua.
Kak Sineri (almarhum) selaku Ketua DKD  Papua pada waktu itu kemudian mengusulkan nama "RAIMUNA" yang dalam budaya Papua digunakan untuk menyebut forum  pertemuan antar suku untuk bermusyawarah, menjalin persahabatan/persaudaran guna memperkuat perdamaian. Secara filosofis  dan akar budaya "RAIMUNA"  sangat sesuai jika diambil sebagai sari-pati dan semangat untuk dijadikan sebagai nama event pertemuan T/D baik tingkat nasional, daerah, cabang maupun ranting.

Pada waktu itu Kak Sineri juga mengajarkan kepada semua peserta LPK untuk menyanyikan lagu "RAIMUNA". Lagu ini  biasanya diserukan oleh Ketua Suku dan ditirukan serentak oleh seluruh warga suku. Lagu "Raimuna"  kurang lebihnya seperti ini:

SIMO BATU REMBO . . . . .
O MORONA . . . . . . . . . . . . .
ARARERA . . . . . . . . . . . . . .

Jadi istilah dan lagu Raimuna yang dijadikan sebagai nama pertemuan Penegak Pandega dapat dikatakan merupakan ide dari,  oleh dan untuk para Pramuka T/D.

Sumber :
Prijo Mustiko, Mantan Ketua DKD DIY  (1975 - 1079)


Catatan :
Materi ini masih bersifat rintisan mash terus akan ditambah, dikembangkan dan disempurnakan penulisannya berdasarkan hasil riset dan masukan dari berbagai pihak.



Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER