IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Sep 20, 2014

Baden Powell "Aids to Scoutmatership": Dari Hobi ke Pekerjaan

gambar ilustrasi google image : hoby-hoby com


Memiliki  hobi yang tepat, rajin, cerdas dan sehat  merupakan modal awal atau tahap pertama membangun karier dan  mencintai pekerjaan  sedangkan memperoleh jenis pekerjaan yang tepat merupakan langkah kedua untuk meraih sukses berkarier di masa depan bagi para remaja.

Para pekerja atau professional yang sukses  umumnya memandang pekerjaan dan profesinya sebagai hobi sehingga menjadi sesuatu yang membahagiakan, penuh tantangan dan tanggungjawab. H.G Wells menyatakan : “Saya perhatikan bahwa  apa yang disebut  orang besar  baik besar dalam tindakan maupun sikapnya, adalah seseorang yang mampu menikmati tugas dan pekerjaannya. Mereka itu bekerja dan berkarier  sebagaimana layaknya melakukan sesuatu yang menjadi hobinya sehingga penuh semangat dan kegembiraan.  Seorang  anak laki-laki bukan hanya calon seorang ayah tetapi ia juga harus mampu menjadi dirinya sendiri - menjadi individu yang memiliki tanggungjawab lebih luas di dunia pekerjaan”

Ralph Parlette mengatakan "Permainan atau hobi  akan menjadikan kamu mencintai dalam melakukan sesuatu, sedangkan pekerjaan akan menjadikan kamu harus melakukan sesuatu”

Pendidikan Kepramukaan  membantu anak-anak  dan remaja mampu mengembangkan hobi yang bermanfaat  bagi  pekerjaan di masa depan, mengembangkan sikap cinta pekerjaan dan cinta profesi sebagaimana kecintaannya terhadap sebuah hobi dan  mengembangkan sikap penuh tanggungjawab untuk meraih sukses atas pekerjaan atau karier yang dipilihnya. Langkah itu dicapai melalui pemilihan materi laihan pramuka yang menarik secara individu dan bermanfaat bagi masa depannya, dilaksanakan dalam arena pendidikan yang menyenangkan sehingga anak-anak secara tidak sadar, bertahap, progresif dan alami dibimbing mengembangkan diri untuk dapat menyongsong masa depannya yang gemilang.


Sumber :
Diterjemahkan secara bebas oleh Ensiklopediapramuka Online, dari salah satu bab dalam buku :
  • AIDS TO SCOUTMASTERSHIP, A Guidebook For Scoutmasters, On The Theory of Scout Training, Originally published in 1920, This electronic edition courtesy of Canadian Sea Scouts Homeport, http://www.seascouts.ca/




Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

Blog Archive

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER