IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Jun 26, 2013

Permainan Pramuka : Menghafal Titik Kompas





Kriteria

Scientic Games

Tujuan
  • Peserta didik mampu meningkat daya konsentrasinya
  • Peserta didik mampu meningkat pemahamannya terhadap arah mata angin berdasar kompas
  • Peserta didik mampu  meningkat kebugaran tubuhnyanya
  • Peserta didik mampu membangun kegembiraan bersama
Lokasi
out door atau in door

Prosedur

Persiapan
  • Setelah upacara pembukaan atau setelah acara kegiata lain, Kakak Pembina mengantarkan tentang permainan ini. Untuk mencairkan suasana permainan ini bisa dibuka dengan lagu "arah mata angin" yang  syair sbb :  
timur, tenggara
selatan, barat daya
barat, barat laut
utara, timur laut

  • Buatlah lingkaran di lapangan, kemudian tancapkan delapan  titik tongkat sesuai arah mata angin dalam kompas. Satu tongkat diberi warna beda untuk menunjukan arah Utara - bisa utara sebenarya atau utara yang tidak sebenarnya. Ke 7 tongkat lain tidak diberi petunjuk arah.
  • Tunjuk 7 pramuka untuk berdiri  di masing-masing tongkat. Beri kesempatan masing-masing pramuka untuk menghafal posisinya berdasar arah kompas. Misalnya  pramuka yang berdiri persis di tongkat sebelah kanan "TONGKAT PENUNJUK TITIK UTARA" berarti berposisi di "POSISI  TIMUR LAUT". Yang berada persis  di sebelah kanan "TONGKAT PENUNJUK POSISI TIMUR LAUT" berarti berdir di posisi "TIMUR", demikian seterusnya sampai semua pramuka hafal dengan posisi dan juga posisi teman-temannya.
  • Untuk membantu tiap pramuka menghafal posisinya, Kakak Pembina bisa melakukan simulasi dengan menyebut secara acak. Para Pramuka harus mengacungkan tangan jika posisinya sesuai dengan arah mata angin yang disebut Kakak Pembina.
  • Misalnya : Ketika Kakak Pembina menyebut  SELATAN, maka pramuka yang berdiri di titik SELATAN menjawab siap, demikian seterusnya sampai Kakak Pembina dan para Pramuka yakin hafal pada posisinya.
 
Permainan

  • Kakak Pembina menyampaikan para pramuka harus mendengarkan dan melaksaakan perintah yang diberikan, yang salah akan dianggap gugur dan keluar dari permainan. Perintah akan diberikan dari yang mudah sampai yang sulit.
  • Dalam menjalankan perintah para pramuka bergerak diluar lingkaran atau tidak boleh bergerak didalam lingkaran. Periintah akan diberikan dengan waktu tertentu.
  • Setelah semua siap,  Kakak Pembina mulai memberi perintah :
  • Perintah pertama : waktu 1 menit,  arah  SELATAN bertukar dengan arah BARAT LAUT   (kemungkinan yang terjadi : jika pramuka yang berdiri di arah SELATAN dan BARAT LAUT sama-sama hafal maka perpindahan akan lancar. Ada pula kemungkinan karena tidak hafal para pramuka yang sebenarnya tidak berdiri di posisi yang disebutkan juga akan ikut bergerak - situasi ini akan menimbulkan kelucuan dan kegembiraan). Permainan selesai jika waktu sudah habis atau  tebakan bisa dilaksanakan dengan baik.
  • Perintah kedua : waktu 2 menit,  arah BARAT DAYA berpindah ke TIMUR LAUT dan arah BARAT LAUT berpindah ke arah TENGGARA. (situasi akan terjadi seperti pada perintah pertama bahkan bisa jadi lebih ramai).
  • Kakak Pembina selanjutnya memberikan perintah-perintah yang variatif  hingga permainan dianggap cukup atau selesai karena semua pemain sudah masuk kotak/mati. 
  • Permainan ini akan makin sulit jika banyak posisi tongkat yang sudah kosong karena penghuninyanya gugur. Kakak Pembina dapat memberi perintah pramuka yang masih ada untuk bertukar tempat dengan arah yang sudah kosong. Kombinasi perintah akan menjadikan sangat menantang, ramai dan menyenangkan.
  • Kakak Pembina juga dapat meningkatkan tingkat kesulitan permainan ini dengan menggunakan 16 titik arah mata angin. 

 Observasi dan Diskusi
  • Kakak Pembina mengajak diskusi tentang manfaat permainan di atas untuk meningkatkan pemahaman para pramuka tentang arah mata angin berdasar kompas.
  • Kakak Pembina memberi kesempatan kepada para pramuka untuk mengemukakan pendapat apa yang ia rasakan, ia dapatkan dan ia tingkatkan atas dasar permainan di atas.
  • Kakak Pembina dapat menggunakan permainan ini sebagai pengantar materi  latihan Peta dan Kompas.

Selamat berlatih, bergembira dan bermakna. Salam Pramuka.


Lihat Entri/Topik Terkait


Sumber :
SCOUT GAMES By Sir Robert Baden-Powell, dalam scouts.sa.scouts.com.au/widegames disesuaikan dan ditulis ulang untuk keperluan "ensiklopedia pramuka"  (-aiw)
Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER