Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Oct 16, 2012

TKK Siaga : Bidang Ketangkasan & Kesehatan




Pengantar

  • Kecakapan khusus adalah kecakapan, kepandian, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan, sikap dan usaha dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang Pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta penguiiannya.
  • Syarat Kecakapan Khusus yang disingkat SKK adalah semua syarat yang harus dipenuhi seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus atau TKK tertentu sesuai dengan usia dan kemampuannya.
  • Tanda Kecakapan Khusus adalah suatu tanda yang menuniukkan kecakapan, kepandaian, ketangkasan, ketrampilam, kemampuan sikap dan usaha seorang Pramuka dibidang tertentu, sesuai dengan usia dan kemampuan jasmani dan ro haninya.
  • Tujuan sistem TKK adalah untuk mendorong dan merangsang para Pramuka agar berusaha memperoleh sejumlah kecakapan sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan dan mampu untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat. Sistem ini juga merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Sementara sasarannya agar setiap Pramuka mempunyai pengetahuan, kecakapan dan kemampuan sehingga dapat menimbulkan rasa bangga memiliki tanda kecakapan tersebut.

Macam dan Bidang Kecakapan Khusus

  • Agak berlainan dengan TKU yang hanya terbatas pada 3 tingkat atau 3 macam, maka dalam TKK tidak dibatasi jumlahnya. Hal itu tergantung kepada keadaan, kemampuan dan keperluan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat minat dan bakat peserta didik. Meskipun tidak dibatasi dalam jumlahnya, tetapi digolongkan dalam 5 bidang yaitu: Pertama bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi dan watak, kedua bidang patriotime dan seni budaya, ketiga bidang ketrampilan dan teknik pembangunan, ke empat bidang ketangkasan dan kelima bidang social perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban m asyarakat, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.
  • Untuk Pramuka Siaga hanya diadakan dalam satu tingkat, karena hanya dipergunakan sebagai perangsang dan menarik perhatian atau minat anak didik untuk berusaha mempelaiari kecakapan tersebut. Bentuknya segitiga, berukuran panjang 3 cm dan tinggi 2 cm, dengan puncak di bawah.
 Jenis SKK & TKK Siaga Bidang Ketangkasan & Kesehatan



SKK Gerak Jalan
Harus mengerti cara dan telah melakukan dengan baik, sikap berdiri (sikap sempurna) dan berjalan dengan cepat/lambat. Mengerti cara mencegah dan merawat lepuh di kaki,  dan pernah mengikuti gerak jalan dalam satuan barung/Perindukan sejauh 5 km untuk putera dan 3 km untuk puteri, sekurang-kurangnya 2 kali.
SKK Pengamat
Harus dapat menggunakan panca indranya untuk mengenal dan mengingat sedikitnya 7 dari 10 macam benda yang dilihat selama 1 menit, diraba atau suara yang didengarnya. Dapat mengikuti jejak sejauh 1 km dengan menggunakan jejak sederhana (secara Siaga). Mengetahui dan mencatat cara dan kebiasaan hidup dan ienis binatang yang terdekat di sekitarnya, atau mengetahui nama dan mengenal macam tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, sayur-sayuran yang biasa digunakan dan tumbuh di daerahnya.
 
 SKK Penyelidik
Harus dapat menyembunyikan diri atau menyamar secara sederhana tetapi tidak mudah dikenal orang. Mempunyai catatan/bukti bahwa ia telah mengenal sedikit-sedikitnya 2 macam tumbuh-tumbuhan, misalnya nama, cara tumbuh, perkembangannya dan sebagainya, baik yang berguna bagi manusia, hewan maupun yang merusak/beracun. Dapat mengenal 2 orang teman/pembinanya yang menyamar ditengah-tengah orang banyak (misalnya di pasar, gedung bioskop, dll). Dapat berjalan, menunduk atau merayap mendekati tempat pembinanya dari jarak lebih kurang 50 meter, tanpa terlihat atau terdengar oleh yang didekati. 
SKK Berenang
Harus dapat berenang dengan gaya bebas sejauh 5 meter. Mengapung di atas punggung selama lebih kurang 10 detik dalm air tawar atau 15 delik dalam air asin; atau secara tegak dengan gerakan kaki/tangan selama 20 detik dalam air tawar atau 30 detik dalam air asin, dengan kaki tanpa menyentuh dasar, berenang dengan salah satu gaya tertentu sejauh 10 meter, dapat menyelam dan melompat ke dalam air dan tepi kolam/papan loncat. 
SKK Juru Layar
Harus dapat berenang/mempergunakan alat-alat keselamatan (pelampung), mengerti bagian-bagian pokok perahu layar serta gunanya. Mengerti jenis perahu misalnya sampan, kano,kolik-kolik dllnya. Dapat mendayung/mengayuh sampan kecil sehingga bergerak dengan terkemudi/terarah dengan tepat bersama beberapa kawan.
SKK Juru Selam
Harus dapat berenang dengan salah satu gaya renang selauh 20 meter, dapat meloncat ke dalam air dari tepian/papan loncat. Dapat berenang dengan muka terendam air selama 30 detik. Dapat menyelam dan mengambil benda di dasar kolam yang dalamnya tidak lebih dari 2 meter.

SKK Pendayung
Harus dapat berenang/menggunakan alat keselamatan (pelampung). Mengetahui cara memegang dan memberikan penghormatan dengan dayung perahu. Memahami dan dapat menggunakan beberapa simpuf tali-menali, dan memahami cara mendayung serta dapat menggerakkan/mengemudikan sampan (bersama teman lain) dengan arah tertentu. 
 

Selamat Memandu. Salam Siaga.
Membahagiakan Siaga, Membahagian Indonesia.


Lihat entri/topik terkait
Tanda Kecakapan Pramuka SiagaCara Menilai & Menguji Kecakapan Pramuka Siaga.


 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat