NAMA PERMAINAN
PEMBOYONG SANG MERAH PUTIH
KATEGORI
Permainan Pramuka Tuna Daksa
TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme
SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
- Meningkatkan semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme
- Memiliki kecintaan dan kebanggaan terhadap bendera nasional
- Menggunakan kursi roda dengan terampil
- Meningkatkan koordinasi mata dan anggota gerak
Permainan
PESERTA
Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak
WAKTU
45 menit, dengan rincian :
- 10 menit Pengantar dan briefing.
- 25 menit Proses
- 10 menit Debriefing
Di luar - di dalam ruangan
PERALATAN
- Tongkat untuk tiang gawang dan tongkat bendera (3 buah)
- Lingkaran plastik/gelang-gelang dari selang/alat holahoop ukuran kecil sejumlah peserta (10 buah)
- TaIi Pramuka/rafia / kapur secukupnya untuk tanda batas arena
- Bendera merah putih di pinggir arena
- Peluit 1 buah
Pengantar dan briefing (10 menit)
- Pembina mengumpulkan peserta dan membentuk setengah lingkaran.
- Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
- Pembina mengajak peserta melakukan tepuk pramuka/satu macam tepuk lainnya dan satu lagu kepramukaan.
- Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1) Pembina membentuk 2 kelompok, masing-masing beranggotakan 5 orang. (2) Setiap peserta mendapatkan 1 lingkaran plastik. Setiap kelompok harus memasukkan kelima lingkaran plastik yang dipegang anggota kelompok ke tongkat lawan yang terletak diseberang. (3) Anggota kelompok harus menghalangi gerak lawan untuk menghambat. (4) Kelompok yang berhasil memasukkan seluruh lingkaran plastik menjadi pemenang dan berhak untuk memboyong bendera sang merah putih.
- Pembina menyiapkan arena permainan dengan memberi batas dan memasang tongkat gawang diujung kanan dan ujung kiri arena.
- Setiap anggota kelompok harus mengayuh kursi rodanya secepat mungkin untuk memasukkan semua lingkaran plastik yang dipegang ketongkat gawang lawan sambil berusaha menghalangi lawan memasukkan lingkaran plastiknya.
- Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
- Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya pelanggaran.
- Setelah bendera berhasil diperoleh oleh salah satu kelompok, pembina menghentikan permainan.
- Pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengumumkan pemenang.
- Pembina menanyakan perasaan peserta setelah mengikuti permainan.
- Pembina menanyakan manfaat permainan yang dilaksanakan.
- Pembina menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu lndonesia Raya dan dilanjutkan berdoa bersama.
- Ukuran : Proses interaksi antar peserta melibatkan aktivitas fisik dan intelektual, karena ada strategi untuk memasukkan lingkaran plastik sambil menghalangi lawan.
- Cara : Mengamati proses permainan dan hasil yang dicapai.
CATATAN
- Pembina dapat memodifikasi permainan dengan memperhitungkan jumlah peserta dan waktu permainan.
Selamat Memandu. Salam Pramuka
Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011
Posting Komentar