Tongkat Pramuka

 



Tongkat dalam Kehidupan Umat Manusia

Tongkat dalam kehidupan manusia banyak manfaatnya , tongkat sudah di kenal sejak peradaban manusia ada di muka bumi. Yang terpenting tongkat bisa bermanfaat untuk manusia tergantung pada niat manusia itu sendiri. Tongkat pernah mendampingi Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Isa AS, Nabi Besar Ummat Islam Muhammad Saw, dan para nabi lainya. Serta hampir semua manusia pernah menggunakan atau berhubungan dengan tongkat.

Manfaat sang tongkat pun tergatung juga kepada pemakaian, ada yang dipakai dalam situasi gawat  darurat, PPPK, ciri kedudukan seseorang, perlengkapan upacara, atau untuk sekedar alat penambah kepercayaan diri. Tongkat darurat misalnya untuk mengambil buah jambu pada dahan yang sukar dijangkau oleh tangan, dibuat tanda, dibuat pikulan, dsb. Untuk kesehatan, contoh tongkat berukuran kecil; akupuntur refleksi, senam tongkat, dll. Tongkat juga dapat dipergunakan untuk menggantungkan bendera, panji-panji, pataka, dwaja, sempa, dll. Tongkat yang di pergunakan untuk ciri atau kedudukan atau jabatan, contoh : tongkat panglima/ komandan di kalangan militer dan kepolisian, tongkat juga di pergunakan rohaniawan, sepeti paus, pendeta, dll.

Tongkat Pramuka
 

Tongkat Pramuka merupakan pelengkap yang berguna bagi seorang pramuka. Tongkat merupakan pertolongan yang tidak ternilai saat pramuka melakukan suatu pendakian atau pengembaraan di daerah yang banyak batu-batunya dan saat berjalan di malam hari.Selain sebagai kelengkapan bagi seorang pramuka, tongkat mempunyai banyak kegunaan (multiguna), dan tongkat merupakan suatu kebanggaan bagi pramuka, bisa juga disebut sahabat pramuka, hal ini bisa dibuktikan dengan pemberian tongkat pada waktu pelantikan.

Tongkat pramuka merupakan  kawan bagi setiap anggota pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, perjalanan. Begitu pentingnya tongkat pramuka bagi seorang pramuka maka jagalah tongkatmu bagai sahabtmu. Rawat dan pergunakan dengan sebaik-baiknya, jangan hanya disimpan dalam gudang. Ajaklah dia keluar untuk melihat dunia dan berpetualang di alam bebas, karena disana ada banyak hal yang menanti untuk kamu kenal dan kamu bantu sebagai pramuka. Tak dipungkiri lagi, bahwa tongkat pramuka memiliki arti dan kegunaannya yang banyak. 




 Makna Simbolik Tongkat Pramuka

  • Senjata Pramuka : Tongkat pramuka adalah senjata bagi pramuka, selain sebagai tempat untuk mengikatkan bendera dan tali pramuka. Pramuka yang terampil bisa menggunakan tongkatnya untuk perlindungan, baik dari manusia jahat maupun binatang buas. Tongkat yang bercanggah bisa digunakan pramuka untuk menaklukkan ular, dengan menjepit kepalanya agar tidak menyerang.
  • Memory Pramuka : Kamu bisa membuat catatan perjalanan dan kegiatan pramukamu di tongkat pramuka. Baik dengan ditulis dengan pensil maupun diukir tipis. Catatan itu akan menjadi memory perjalanan pramukamu dan suatu saat sangat bermanfaat ketika kamu ingin mengenang atau belajar dari pengalaman hidup yang telah lalu.
  • Alat pertolongan : Selain sebagai tongkat penuntun, pramuka bisa juga digunakan untuk menarik teman yang sedang tenggelam, merangkainya menjadi alat usung, tempat duduk ketika tanah basah dan sebagainya. Jadi usahakan tongkat pramukamu berasal dari kayu yang ringan tapi kuat, sehingga memudahkan ketika harus bergerak cepat.
  • Persahabatan dan Petualangan : Dengan tongkat pramuka, kamu bisa menjalin persahabatan dengan banyak pramuka. Bagaimana caranya ? Gunakan tongkat pramuka sebagai alat permainan bersama sahabat-sahabat atau bangunlah pioneering dari tongkat kamu untuk menciptakan bangunan-bangunan yang seru. Dengan tongkat pula kamu bisa membangun tenda darurat di alam terbuka tanpa harus membawa tenda jadi. Semakin menantang tentunya.
  • Pesan Tersembunyi : Tongkat memiliki pesan tersembunyi bagi seorang pramuka, yaitu bahwa tongkat mewakili makna pemandu atau penolong. Dari segala fungsi yang tersebut diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa tongkat pramuka sangat mirip dengan tugas seorang pramuka, yaitu memandu, menolong dan petualang.
Kegunaan Tongkat Pramuka

Tongkat Pramuka memiliki beragam kefunaan diantara :
  • Sebagai tiang tenda/tenda darurat (bivak).
  • Sebagai tiang bendera.
  • Sebagai tempat sepatu.
  • Sebagai alat penghalau hewan liar, misalnya untuk anjing galak.
  • Untuk menyeberangi selokan (pendek dan dangkal).
  • Sebagai tiang jemuran.
  • Untuk membuat tandu (blankar/dragbar).
  • Untuk membuat jembatan kecil.
  • Untuk memadamkan api.
  • Untuk membantu mengukur jarak, tinggi, dsb.
  • Sebagai kawan diwaktu mendaki.
  • Sebagai alat berpegang di waktu malam hari, agar tidak mudah tergelincir atau jatuh.
  • Untuk beristirahat (bisa untuk duduk/dibuat kursi darurat).
  • Untuk kelengkapan baris berbaris.
  • Untuk alat bela diri.
  • Untuk memanjat tembok yang tinggi.
  • Untuk mengukur dalamnya suatu kolam, dsb.
Begitu banyak kegunaan TongkatPramuka, oleh karena itu rawatlah tongkatmu dengan sebaik-baiknya, seolah-olah saudaramu sendiri. Ukuran tongkat yang baik adalah 160 cm (agar bermanfaat bila digunakan untuk tandu). Tetapi menurut baden-powell, tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing pandu.


Ukuran Tongkat pramuka 

Tongkat yang baik itu biasanya terbuat dari bahan yang kuat, kayu atau bamboo (lebih kuat karena kuat), dan dicat dengan warna-warna yang menarik. Tongkat juga sebaiknya diberi tanda-tanda dalam beberapa ukuran (1 meter, 50 cm, 10 cm, 5 cm dan 1 cm) yang dapat dipergunakan untuk mengukur (membandingkan). Tongkat-tongkat juga disusun dengan bantuan tali dan ikatan untuk membuat jembatan ringan (kecil), rangka gubuk atau tiang bendera.

Ukuran tongkat pun beraneka ragam tergantun keperluan pemakaian, ada yang berukuran2 meter, 70 cm, dsb, bahan sang tongkat pun beraneka ragam pula ada yang terbuat dari kayu, bambu, bhan logam, dan bahan lain-lainnya. Ukuran tongkat yang baik adalah 160 cm (agar bermanfaat bila digunakan untuk tandu). Tetapi menurut baden-powell, tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing pandu.

Tongkat yang dipergunakan oleh seorang pramuka “biasa” berukuran 160 cm harus multifugsi sesuai dengan uraian diatas, contoh : tongkat pramuka harus dapat di gunakan sebagai alat ukur, senjata terhadap ular atau anjing liar (alat pertahanan), alat kesehatan (tandu/blankar), juga bisa untuk aksesoris.

Tongkat Pemimpin dan Anggota Regu

Tongkat yang di bawa sang pramuka tenyu harus di ketahui manfaatnya, sebagai gambaran aneka manfaat tongkat yang di bawa selau sang pramuka, umumnya tongkat selalu si bawa sang pramuka ada dua macam, yaitu: tongkat yang di bawa pemimpin regu dan tongkat yang di bawa para anggota regu.
Perbedaan antara keduanya adalah pada tongkat pemimpin regu terdapat : bendera regu, ring untuk mencantolkan wimple, totem (kepala tongkat), dan nama-nama anggota regu. Sedangkan pada tongkat anggota regu tidak ada.

Tongkat Pramuka seringkali agar lebih menarik bila dihiasi atau ditulis peristiwa-peristiwa yang berkesan baik regu maupun perorangan. Semakin banyak kreasi semakin menarik tongkat sang pramuka yang yang di bawa dan bermakna bagi yang membawanya, sang tongkat pun bisa menggunakan tali yang berfungsi sebagai tempat menyandarkan tongkat yang lainya. Membawa tongkat pada waktu berjalan. Talinya dapat berguna untuk keadaan darurat. Totem atau kepala tongkat bentuknya bermacam-macam sesuai kreasi anggota regu, ada yang berbentuk bola seperti telur, ada yang berbentuk kepala binatang regunya (sesuai nama regu).

Selamat Berlatih. Salam Pramuka.

Lihat entry/topik terkait :



Sumber: 
  • Scouting For Boys, Baden Powell
  •  ttp://www. pramukamandiri.com
  • Dan berbagai sumber lain yang relevan  ('aiw)

Lebih baru Lebih lama