TKK Siaga : Bidang Ketrampilan & Pembangunan



Pengantar
  • Kecakapan khusus adalah kecakapan, kepandian, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan, sikap dan usaha dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang Pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta penguiiannya.
  • Syarat Kecakapan Khusus yang disingkat SKK adalah semua syarat yang harus dipenuhi seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus atau TKK tertentu sesuai dengan usia dan kemampuannya.
  • Tanda Kecakapan Khusus adalah suatu tanda yang menuniukkan kecakapan, kepandaian, ketangkasan, ketrampilam, kemampuan sikap dan usaha seorang Pramuka dibidang tertentu, sesuai dengan usia dan kemampuan jasmani dan ro haninya.
  • Tujuan sistem TKK adalah untuk mendorong dan merangsang para Pramuka agar berusaha memperoleh sejumlah kecakapan sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan dan mampu untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat. Sistem ini juga merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Sementara sasarannya agar setiap Pramuka mempunyai pengetahuan, kecakapan dan kemampuan sehingga dapat menimbulkan rasa bangga memiliki tanda kecakapan tersebut.

Macam dan Bidang Kecakapan Khusus
  • Agak berlainan dengan TKU yang hanya terbatas pada 3 tingkat atau 3 macam, maka dalam TKK tidak dibatasi jumlahnya. Hal itu tergantung kepada keadaan, kemampuan dan keperluan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat minat dan bakat peserta didik. Meskipun tidak dibatasi dalam jumlahnya, tetapi digolongkan dalam 5 bidang yaitu: Pertama bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi dan watak, kedua bidang patriotime dan seni budaya, ketiga bidang ketrampilan dan teknik pembangunan, ke empat bidang ketangkasan dan kelima bidang social perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban m asyarakat, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.
  • Untuk Pramuka Siaga hanya diadakan dalam satu tingkat, karena hanya dipergunakan sebagai perangsang dan menarik perhatian atau minat anak didik untuk berusaha mempelaiari kecakapan tersebut. Bentuknya segitiga, berukuran panjang 3 cm dan tinggi 2 cm, dengan puncak di bawah.

Jenis SKK & TKK Siaga Bidang Ketrampilan & Pembangunan



SKK Peternak Ulat Sutra
Harus dapat menanam sedikitnya 5 pohon besaran (murbei) dari stek sampai menjadi tanaman yang berumur 2 bulan. Dapat memberi makan kepada sedikitnya 100 ulat sutera dari baru menetas keluar dari telur sampai waktu membuat kokon




SKK Peternak Kelinci
Harus clapat membuat kandang kelinci yang sederhana. Dapat memelihara sedikitnya seekor kelinci betina.






SKK Peternak Lebah
Harus dapat mengenal 3 anggota keluarga lebah madu. Dapat mengenal tanaman pangan lebah madu. Dapat mengenal manfaat hasil lebah madu dan telah membantu memelihara satu keluarga lebah madu selama sedikitnya 2 bulan.




SKK Juru Kebun
Harus dapat mengenal sedikitnya 2 jenis tanaman buah-buahan dan 2 jenis tanarnan sayur-sayuran. Dapat menggunakan pupuk kompos dan telah menanam dan memelihara sedikitnya satu jenis tanaman hias, tanaman dan memelihara sedikitnya satu jenis tanaman hias, tanaman buah-buahan, tanaman sayur-sayuran, sampai berbunga, sampai panen atau sedikitnya selama 3 bulan.


SKK Penenun
Harus pernah melihat beberapa macam alat tenun dan tau kegunaannya. Dapat menjalankan ATBM (alat tenun bukan mesin)dan menghasllkan sedikitnya kain blaco 2 meter.




 SKK Juru Bambu
Harus dapat membuat sedikitnya 2 macam hasta karya sederhana, misalnya tabung pensil, jambang bunga/vaas, tempat aburokok dllnya. Tahu macam-macam bambu yang ada disekitarnya dan gunanya, misalnya bambu petung, bambu apus, bambu gendani (dapat untuk pagar hidup). Dapat mengikat dengan tali tutus dari bambu.


SKK Juru Anyam
Harus dapat membuat sedikitnya 3 macam barang anyaman sederhana, misalnya cara membuat ketupat, tempat tembakau (slepen: Jawa), keranjang kecil, mainan anak-anak, bleketepe (anyaman daun kelapa atau atap) dan sebagainya dari daun kelapa, merang, jerami, rumput pandan, dan sebagainya. Tahu tempat didapatnya bahan-bahan tersebut dan cara menyiapkan untuk dikerjakannya.


 

SKK Juru Kayu
Harus dapat menggunakan gergaji, palu dan pahat. Dapat membuat barang-barang dari kayu (bekas peti, dll), misalnya membuat kotak kapur, tempat sikat gergaji, tempat surat kabar, kandang merpati dan sebagainya. Mengenal jenis-jenis kayu yang ada disekitarnya.





SKK Juru Logam
Harus dapat memelihara alat-alat dari logam supaya tidak mudah berkarat atau bocor. Dapat membersihkan alat-alat dari logam, misalnya dari kuningan, alumunium, tembaga dan sebagainya. Dapat menggunakan barang-barang bekas dari kaleng dll untuk mainan atau keperluan rumah tangga, misalnya kaleng susu, kaleng mentega untuk ember kecil, dan sebagainya.




 SKK Juru Kulit
Harus tahu cara dan depat menggunakan bahan-bahan untuk pemeliharaan barang-barang dari kulit dan pemeliharaan barang-barang itu sendiri, misalnya tas, sepatu dan lain-lain. Tahu jenis-jenis, tanda-tanda, kualitas dan penggunaan macam-macam kulit. Dapat melakukan pekeriaan-pekerjaan ringan tukang kulit, misalnya menggambarkan pola di kulit, mengelem, membuat lubang tali dan sebagainya.



Penjilid Buku
Harus dapat menyusun kertas dan membuatnya menjadi bloknote, atau menjehitnya menjadi buku catatan kecil (notes). Dapat menyusun kertas tebal dan tipis/tembus cahaya membuat kulit luar dan menjilidnya menjadi sebuah album foto sederhana. Tahu nama-nama dan mengenal jenis-jenis kertas.  



 SKK Juru Potret
Harus tahu nama/merek ASA/DIN, jumlah eksemplar dan batas laku dari beberapa ienis fitm dan dapat memasang film di alat pemotret. Dapat mengatur/memasang foto-foto dalam album, dan dapat menjelaskan alasannya ia mengatur demikian. Dapat memotret dengain film hitam putih dari keadaan perkemahan atau bangun-bangunan.



 SKK Penangkap Ikan
Harus dapat menggunakan salah satu alat penangkap ikan, misalnya kail, seser (tampi, saringan) bubu dan sebagainya. Dapat mencari umpan dan tahu umpan untuk jenis ikan masing-masin. Dapat memperlihatkan hasil penangkapan ikan olehnya. Dapat membuat petampung kail.



  
SKK Peternak ltik/Angsa/Mentok, dsb
Harus telah memelihara itik sebanyak 10 ekor atau lebih selama sedikitnya 2 bulan. Dapat menunjukkan usaha pemeliharaan itik, misalnya pemberian makanan dan kebersihan kandangnya.





 SKK Peternak Ayam
Harus telah memelihara ayam sebanyak 5 ekor atau lebih, selama sedikirhya 2 bulan. Telah memperlihatkan usaha pemeliharaan ayam, misalnya pemberian makanan dan kebersihan kandangnya.


  
 
SKK Pemelihara Ternak
Harus telah memelihara ternak (sapi, kerbau, domba, babi, dsb)sebanyak 2 ekor atau lebih, selama sedikitnya 2 bulan. Dapat danrajin menggembala ternakny4 dan memandikannya. Telahmenunjukkan usahanya untuk pemeliharaan kebersihan kandang-nya.    




 SKK Pemelihara Merpati
Harus telah memelihara 4 ekor atau lebih, selama sedikitnya 2bulan. Tahu cara mengatur dan memberikan makanan kepada merpati. Tahu cara dan dapat menangkap, memegang dan mengibaskan sayap burung merpati.  




 SKK Pengumpul
Harus sedikitnya sclama 3 bulan telah membuat kumpulan salah satu benda, misalnya : perangko, kartupos bergambar, etikat, kotak korek api, daun-daunan, biji-bijian, dan sebagainya. Telah menyusun kumpulannya dengan rapih menuliskan nama barang itu dan sekedar keterangannya. Mempunyai pengetahuan sekedarnya tentang barang-barang kumpulannya.




SKK Menjahit
Harus dapat membuat sapu tangan atau alas meja (taplak) dengan tangan/mesin jahit. Dapat memasang kancing (membuat lubang kancing). Dapat membuat tanda barung dari kain dan meniahit tanda barungnya di kain bajunya. Dapat membuat pakaian untuk boneka, membuat mainan (boneka atau lainnya) dari kain. Membuat pakaian dalam untuk sendiri. Membuat pakaian bayi (popok, gurita, baju dan lain-lainnya). 


SKK Pengendara Sepeda
Harus mempunyai dan telah memelihara dengan baik suatu sepeda sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu tanpa mengalami kesulitan, sedikitnya selama 3 bulan. Mengerti nama, guna dan pentingnya bagian-bagian pokok suatu sepeda. Pernah bersepeda sedikitnya seiauh 12 km untuk putera, 10 km untuk puteri. Mengerti peraturan dan tanda-tanda lalu lintas yang banyak dipergunakan di jalan-ialan di daerahnya.



 SKK Juru Masak
Harus dapat memasak dan menyiapkan air minum. Bersama seorang temannya dapat membuat makanan cuci mulut, dengan bahan-bahan yang mudah didapat misalnya ubi, singkong, pisang, terigu atau lainnya. Membuat suatu jenis lauk-pauk sederhana digoreng/direbus/dibakar. Mengetahui apa yang dimaksud dengan hidangan 4 sehat 5 sempurna. 



SKK Cinta Dirgantara
Harus tahu nama-nama bagian pokok pesawat terbang. Mengenal type pesawat terbang paling sedikit 3 pesawat. Pernah mengunjungi suatu lapangan terbang di negara kita dan membuat catatan apa-apa yang dilihatnya. Dapat membuat pesawat terbang dari kertas paling sedikit 2 pesawat dan dapat terbang dengan baik.



 SKK Pembuat Pesawat Model
Harus dapat membuat pesawat kertas paling sedikit 5 macam dan bisa terbang dengan baik. Dapat menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang dapat membuat pesawat yang dapat meluncur (chuck glider) yang dapat terbang minimum 10 detik. Dapat menyebutkan bidang-bidang kemudi dari pesawat model.

 SKK Pengenal Cuaca
Harus mempunyai catatan harian tentang temperatur, hujan, angin, keadaan awan/macam yang penting. Mengenal dan dapat menunjukkan atau menggambarkan paling sedikit 2 macam awan. Dapat membaca barometer dan tahu tanda-tanda hari akan huian.





 SKK Konstruksi Pesawat Udara
Harus dapat menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang. Dapat menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian itu. Dapat menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian itu. Dapat menyebutkan bidang-bidang kemudi pesawat terbang dan kegunaannya. Dapat menggambar pesawat terbang dengan sederhana. 




 SKK Juru Motor Pesawat Terbang
Harus dapat membedakan pesawat yang menggunakan jet engine dan piston engine. Dapat menghitung jumlah engine yang dipasang pada satu pesawat jiika diperlihatkan gambar atau pesawatnya. Dapat menyebutkan tipe pesawat yang menggunakan engine dipasang di badan dan dipasang di sayapnya paling sedikit 2 pesawat. Dapat menyebutkan paling sedlkit 5 pesawat yang menggunakan jet engine dan piston engine.




SKK Petani Padi
Harus tahu dan mengerti bercocok tanam padi secara sederhana. Tahu dan mengenal sedikitnya 2 jenis padi (lokal/unggul), 2 macam pupuk (buatan/alam), 2 jenis hama/penyakit padi, 2 jenis alat pengolah tanah. Sudah pernah sedikitnya 2 kali bekerja membantu bercocok tanam padi.


SKK Juru Peta
Harus dapat menggunakan kompas atau alat lain untuk mencari 4 arah kiblat (Timur, Selatan, Barat, Utara). Dapat menunjukkan beberapa tempat penting di daerah sekitar tempat tinggalnya, misalnya pasar, bengkel sepeda, rumah dokter, rumah sakit/puskesmas, tempat tinggal Ketua RT/RW/Lurah dan sebagainya


SKK Juru lsyarat Bendera
Harus mengenal benar isyarat Morse dan Semaphore. Dapat mengirim sedikitnya 10 huruf isyarat Morse atau Semaphore. Dapat menerima isyarat dengan bendera huruf yang telah diketahui tersebut di atas.




SKK Pelaut
Harus dapat berenang/menggunakan alat keselamatan (pengapung). Tahu waktu-waktu pasang surut dan perubahan angin. Dapat mengetahui bagian-bagian pokok perahu layar/kapal laut. Mengetahui dan dapat menggunakan beberapa simpul tali-menali.   




SKK Pengenal Pesawat Terbang
Harus dapat menyebutkan beberapa banyaknya motor yang ada pada pesawat, jika kepadanya diperlihatkan gambar. Dapat menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang. Dapat membedakan pesawat bermotor dengan menggunakan motor piston dan motor jet. Dapat menjelaskan huruf pengenal pada pesawat paling sedikit dari 5 negara. 
Selamat Memandu. Salam Siaga.
Membahagiakan Siaga, Membahagian Indonesia.


Lihat entri/topik terkait
Tanda Kecakapan Pramuka SiagaCara Menilai & Menguji Kecakapan Pramuka Siaga.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama