LATIHAN PRAMUKA DI ERA PANDEMI : LATIHAN PRAMUKA DARING DENGAN GOOGLE SITES

 

PENGANTAR

Dampak terbesar Pandemi Covid 19, terhadap Gerakan Pramuka terletak pada Proses Pendidikannya, ada yang terhenti karena berbagai kesulitan yang dihadapi, ada yang berjalan dengan dengan segala keterbatasan yang ada, namun ada pula yang terus berupaya untuk menghadirkan latihan Pramuka daring dengan berbagai inovasi. Pada sisi lain sebenarnya banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk mendukung latihan Pramuka daring secara menarik, bahkan mampu mendorong peserta didik untuk belajar mandiri. Salah satu fasilitas dimaksud  adalah google sites.

Google sites salah stau fungsinya dapat membantu Kakak-kakak untuk mengorganisasikan materi latihan dalam beragam versi supaya menarik. Seperti kita ketahui  didalam menyelenggarakan latihan Pramuka, seringkali Kakak Pembina menggunakan beragam materi dari beragam sumber baik materi dalam bentuk tulisan, video, gambar, audio maupun beragam jenis materi lainnya. Materi tersebut seringkali juga dapat dikategorikan sebagai materi utama, materi penujang atau  materi pendukung.

Misalnya : Materi yang terkait dengan SKU Penggalang Ramu, butir  7 yang berupa “Dapat mengetahui   dan menjelaskan  manfaat dari   penghijauan”, akan terdapat  materi utama yang berupa  indikator-indikator pengetahuan, sikap dan keterampilan  sebagaimana yang digariskan dalam Pedoman Penempuhan SKU Penggalang Ramu yang dikeluarkan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.

Namun pada sisi lain  Kakak Pembina dapat memperkaya materi tersebut di atas, misalnya dengan menambah materi audio visual yang bersumber dari  youtube tentang dampak kerusahakan hutan, dapat pula menambahkan materi bikinan Kakak sendiri, materi foto dan gambar terkait dari berbagai sumber atau materi lain. Memperkaya materi utama dengan berbagai materi pendukung akan mendorong peserta didik belajar mandiri, memperkaya sudut pandang, dan mendorong untuk bersikap dan bertindak ikut serta dalam program Penghijauan.

Tentu, dengan beragamnya materi memerlukan sebuah media yang dapat berfungsi untuk mengorganisasikan atau mengumpulkan materi dalam satu tempat, sehingga agar mudah diakses dan dipahami oleh peserta didik dan Kakak Pembina. Salah satu media yang bisa digunakan untuk mengorganisasikan materi seperti ini adalah “google site site”

 MENGENAL GOOGLE SITES

Google sites   merupakan salah satu produk  dari google. Oleh sebab itu untuk dapat menggunakannya harus sudah memiliki akun google terlebih dahulu.   Google sites   banyak digunakan untuk membantu pembelajaran jarak jauh karena dapat  dibuat dan dikelola oleh pengguna awam sekalipun, cocok digunakan oleh para Pembina Pramuka yang ingin menyajikan keragaman materi latihan dalam satu tempat, mudah diakses, kapan dan dimana saja, dan bisa digunakan pula untuk mendukung latihan Pramuka baik dalam bentuk sinkronus maupun asinkronus.

Google sites menarik untuk menjadi salah satu media yang membantu Kakak Pembina menghadirkan latihan Pramuka  daring yang menarik, elaboratif , partisipatif, mandiiri dan interaktif. Beberapa kelebihan google sites seperti : gratis,  mudah  dibuat, kolaboratif antara Pembina dan Peserta Didik, menyediakan  penyimpanan yang cukup besar,  searchable  (dapat ditelusuri)  menggunakan  mesin  pencarian  google site. Dapat pula digunakan untuk mengunggah (menyimpan dan mengorganisasikan) materi latihan selengkap mungkin, menyimpan kuirikulum atau SKU dengan kisi-kisi materi utama dan pendukung dalam beragam kemasan konten seperti tulisan, video, foto, audio dari beragam sumber, memberikan dan mengontrol tugas, memberikan pengumuman dan fasilitas untuk download maupub upload materi.

 CARA MENGGUNAKAN DAN MEMBUAT GOOGLE SITE SITES

Untuk mempermudah pembuatan Kakak-kakan disarankan melihat tutorialnya di Yotube yang cukup banyakl dan mudah dipelajari. Namun demikian Langkah-langkah untuk membuat dan menggunakan google site site, untuk mendukung latihan Pramuka daring, kurang lebih sbb :

  1. Memiliki akun google sites
  2. Membuka google sites  melalui akun pencarian (browser)
  3. Masuk atau sign in kemudian klik (tekan) menu new google site
  4. Akan muncul halaman depan atau tampilan awal google site site – kenali dashboard untuk membantu Kakak-kakan mengorganisasikan materi dan mempercantik tampilan materi.
  5. Klik (tekan) tanda +  yang ada di kanan bawah untuk memulai membuat materi latihan yang terkait dengan tema yang Kakak inginkan.
  6. Setelah halaman terbuka, Kakak-kakak bisa membuat Judul Materi  Latihan.
  7. Selanjutnya Kakak-kakak memasukan materi latihan dengan klik (tekan) menu sisipan pada dashboard yang terletak di sebelah Kanan, pilih desain menu materi latihan yang Kakak-kakan inginkan.
  8. Tekan tanda + untuk menyisipkan materi yang Kakak-kakak inginkan baik berdasar materi tulisan Kakak sendiri, yotube, web, blog, dsb. Dengan car aini maka peserta didik tidak perlu mencari sendiri topik yang terkait dengan materi latihan karena sudah disediakan oleh Kakak Pembina.
  9. Setelah semua materi Kakak-kakak anggap lengkap dan selesai di upload, Kakak-kakak bisa mempercantik tampilan dengan memanfaatkan background, pilihan warna, font, dsb.
  10. Selanjutnya untuk membaginkan ke peserta didik, Kakak-kakak tekan tanda “publikasikan” di sebelah kanan atas layar. Akan muncul nama web atau google site sites Kakak-kakak, nama ini bisa diubah sesuai kebutuhan, misalnya “Panduan SKU Galang Ramu, Butir 7”.  Klik publikasi sekali lagi, setelah judul diganti maka selesai sudah pembuatan google site sites.
  11. Untuk membagikan alat link google sites pada peserta didik, Kakak  lakukan dengan menekan tanda link (gambar seperti paper klip) yang ada di atas halaman. copy linknya, kemudian bisa Kakak-kakak bagikan melalui wa grup, atau media lainnya  kepada para peserta didik.

PENUTUP

Era Pandemi, telah menumbuhkan beragam aplikasi dan platform digital yang dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang menarik. Beragam aplikasi dan platformn ini tentu sangat menarik untuk dicoba diterapkan dan dikembangkan untuk mendukung latihan Pramuka Daring. Google  sites merupakan salah stau platform dimaksud. Kakak-kakak yang ingin menggunakan dan mendalami lebih jauh, dapat melihat tutorialnya yang sangat banyak di Youtube. Cukup memasukan kata kunci “tutorial google sites  untuk Pembelajaran Jarak Jauh”, maka Kakak-kakak akan menemukan banyak video tutorial yang mudah diikuti. Selamat mencoba.

Tks. Salam Pramuka. Ditulis oleh : Anis Ilahi Wh.

 

Topik Terkait

http://www.ensiklopediapramuka.com/2021/08/latihan-pramuka-di-era-pandemi-metode.html 

http://www.ensiklopediapramuka.com/2021/07/virtual-event-model-kegiatan-pramuka-di.html

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKK & TKK Wajib Pramuka Siaga (10 Jenis)

SKK & TKK Wajib Penegak/Pandega (Bagian 1 : 5 dari 10 Jenis SKK & TKK Wajib)

Tanda-tanda Jejak