Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

May 27, 2015

Prinsip Dasar Kepramukaan


Pengantar 

Salah satu pengertian pendidikan Kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar sekolah dan di luar keluarga yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Pendidikan Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya kepribadian, watak, akhlak mulia dan memiliki kecakapan hidup.

Dalam kegiatan Pendidikan Kepramukaan selalu terjalin 5 (lima) unsur terpadu, yaitu:
  1. Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan;
  2. Metode Kepramukaan;
  3. Kode Kehormatan Pramuka;
  4. Motto Gerakan Pramuka;
  5. Kiasan Dasar Pendidikan Kepramukaan
Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan 
  1. Prinsip Dasar ialah asas yang mendasar yang menjadi dasar dalam berfikir dan bertindak.
  2. Prinsip Dasar meliputi nilai dan norma dalam kehidupan seluruh anggota Gerakan Pramuka.
  3. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik menyenangkan, menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan sasaran akhir pembentukan watak.
  4. Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) adalah asas yang mendasari kegiatan kepramukaan dalam upaya membina watak peserta didik.
  5. Analog dengan fondasi, makin kuat penjiwaan PDK dalam diri peserta didik makin kuat pula jiwa kepramukaannya.
  6. Prinsip Dasar Kepramukaan mencakup :  (a) iman dan takwa kepada Tuhan YME;  (b)  peduli terhadap bangsa, negara, sesama manusia dan alam serta isinya; (c) peduli terhadap diri sendiri; (d) taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.
  7. Menerima dan menerapkan PDK adalah hakekat Pramuka, baik sebagai mahkluk Tuhan YME, makhluk sosial, maupun individu yang menyadari bahwa pribadinya : (a) Taat kepada perintah Tuhan YME dan beribadah sesuai tata cara menurut agama yang dipeluknya serta menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. (b) Mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri, melainkan hidup bersama dengan sesama  manusia dalam kehidupan bersama yang didasari oleh prinsip perikemanusiaan yang adil dan beradab. (c)  Diberi tempat hidup dan berkembang oleh Tuhan YME, di bumi yang berunsurkan tanah, air dan udara sebagai tempat bagi manusia untuk hidup bersama, berkeluarga,bermasyarakat, berbangsa dengan rukun dan damai. (d) Memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan menerima kebhinekaan dalam Negara Kesatuan RepublikIndonesia. (e)  Merasa wajib peduli terhadap lingkungannya dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik. (f)  Menyadari bahwa sebagai anggota masyarakat, wajib peduli pada kebutuhan diri sendiri agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan. (g) Selalu berusaha taat pada Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Fungsi Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai : (a)  norma hidup anggota Gerakan Pramuka. (b)b. landasan kode etik Gerakan Pramuka. (c)  landasan sistem nilai Gerakan Pramuka. (d) pedoman dan arah pembinaan kaum muda anggota Gerakan Pramuka. (e)  landasan gerak dan kegiatan Pramuka mencapai sasaran dan tujuannya.
Penerapan Prinsip Dasar Kepramukaan
  1. Prinsip Dasar Kepramukaan hendaklah dapat ditanamkan secara mendalam, karena semua perilaku anggota Gerakan Pramuka akan dijiwai olehnya. 
  2. Prinsip Dasar Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain

Lihat entry/tema terkait :

Sumber :
  • Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No 200, Tahun 2011 tentang Panduan Teknis Kurus Pembina Pramuka Mahir


 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat