Susilo Bambang Yudhoyono (Kamabinas, periode 2004 - 2014) : Sambutan Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014




AMANAT PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
SELAKU KAMABINAS GERAKAN PRAMUKA
PADA
PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 53, 14 AGUSTUS 2014
BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR, JAKARTA


Bismillahirrohmanirrahim,
Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

Para tamu undangan dan para hadirin yang saya hormati dan saya muliakan,
Saudara Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, beserta kakak-kakak dan adik-adik pramuka yang saya cintai dan saya banggakan.

Hari ini kita bersyukur ke khadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya pada hari yang bersejarah ini kita dapat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-53 Gerakan Pramuka.

Saya ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini untuk menyampaikan selamat ulang tahun kepada para anggota, Pelatih dan Pembina Pramuka di seluruh tanah air serta di kantor-kantor perwakilan di luar negeri. Semoga peringatan Hari Pramuka yang khidmat ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter dan jati diri bangsa yang kokoh.

Saya juga ingin menyampaikan ucapan selamat bekerja dan selamat berkarya kepada jajaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2013 – 2018 yang telah saya lantik dan saya kukuhkan pada tanggal 2 Juni 2014 yang lalu. Semoga ditangan saudara-saudara, Gerakan Pramuka dapat terus melakukan revitalisasi, tumbuh, berkembang dan maju dalam mempersiapkan tunas-tunas muda menjadi generasi yang siap memegang kendali negeri ini di masa depan.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi yang menjadi tema besar peringatan Hari Pramuka tahun ini, saya nilai memiliki dua kata kunci. Kata kunci pertama adalah pembentukan karakter kaum muda. Kegiatan kepramukaan sejak didirikan 50 tahun yang lalu hingga saat ini berperan penting dalam membentuk karakter kaum muda yang cerdas, berakhlak mulia, terampil dan trengginas. Kita menyadari bahwa kemajuan bangsa dan negara kita dimasa depan terletak ditangan kaum muda, untuk tujuan itulah saya menilai penting peningkatan kwalitas pramuka sebagai pembentuk karakter kaum muda. Gerakan Pramuka dapat menjadi wahana pendidikan watak, kepemimpinan dan juga bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Pancasila, Trisatya dan Dasa Darma Pramuka.

Sejarah mencatat sejak didirikan 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka telah menajadi wadah mendidik dan membina karakter dan jati diri bangsa kita. Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan jaman, Gerakan Pramuka memiliki peranan konstruktif dalam mencetak generasi muda yang berkarakter pembangunan. Generasi muda yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, cerdas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berkepribadian tangguh, berbudi pekerti luhur, rukun dan bersatu dengan sesama warga bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika . Generasi muda yang seperti itulah yang mampu mengemban tugas negara untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang.

Saudara-saudara kata kunci yang kedua adalah akreditasi Gugus Depan sebagai bagian dari pemantapan Gugus Depan Pramuka yang lebih berkualitas. Akreditasi Gugus Depan saya nilai merupakan bagian penting dari revitalisasi Gerakan Pramuka, melalui akreditasi Gugus Depan kita tingkatkan kwalitas pemaknaan dan penerapan nilai-nilai yang terkandung di dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dan sekaligus kegiatan kepramukaan yang lebih beragam. Dalam hal ini menjadi penting agar pengembangan Gugus Depan tidak hanya dari aspek peningkatan kwantitas semata tetapi juga kwalitas dalam pelatihan dan pembinaannya. Melalui akreditasi Gugus Depan juga dapat menjadi penunjang bagi revitalisasi Gerakan Pramuka utamanya dalam memfasilitasi perluasan akses para Pramuka di negeri kita, dalam berinteraksi dengan Pramuka dari mancanegara. Peningkatan interaksi dari antara Gerakan Pramuka di dunia dapat memperbesar semangat persaudaraan antar bangsa, menjalin hubungan yang lebih erat dan harmonis serta sarana membangun tatanan dunia yang makin damai, adil dan sejahtera.

Saudara-saudara,

Kita bersyukur sejak dicanangkannya revitalisasi Gerakan Pramuka pada tahun 2006, delapan tahun yang lalu, Gerakan Pramuka telah menunjukkan aktivitas yang lebih nyata dan lebih beragam. Gerakan Pramuka telah menjadi pilar penting dalam sistem pendidikan nasional secara bertahap. Citra, aktivitas dan kinerja Gerakan Pramuka juga berkembang secara baik, minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka Alhamdulillah terus meningkat.

Gerakan Pramuka saat ini telah menjelma menjadi satu wadah utama dalam pendidikan karakter bangsa dan peningkatan daya saing kaum muda. Di era global dan persaingan yang ketat saat ini, pendidikan karakter bangsa menjadi sangat penting untuk menggembleng generasi muda agar memiliki jiwa ksatria, pantang menyerah, unggul, mandiri dan mampu menghadapi tantangan jaman.
Sejarah perjuangan kebangsaan kita mencatat bahwa kemerdekaan yang kita raih merupakan hasil jerih payah para pendahulu kita yang memiliki karakter tangguh, ulet serta memiliki rasa semangat kebangsaan yang tinggi. Pada saat yang sama Gerakan Pramuka juga harus menjadi benteng dari berbagai paham yang sesat dan menyesatkan, paham-paham keagamaan yang menyimpang, apa lagi yang diwarnai dengan tembakan kekerasan dan mengarah pada aksi-aksi terorisme itu harus kita cegah.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi harus pula dibentengi dengan kepribadian luhur bangsa kita yang dilandasi nilai-nilai luhur Pancasila. Teknologi informasi tidak boleh membuat bangsa ini kehilangan kesantunan, kepribadian dan rasa saling hormat menghormati. Ancaman saat ini dan masa depan bukan hanya dalam bentuk ancaman peperangan melainkan dalam berbagai bentuk infiltrasi budaya, sosial, ekonomi dan politik baik dari dalam maupun dari luar termasuk gerakan ekstrim dan radikal yang dapat merobek kedamaian dan kerukunan kita sebagai bangsa.

Melalui pendidikan dan nilai-nilai yang terkandung didalam Tri Satya dan Dasa Darma dengan metode kepramukaan yang tidak membosankan dan agar selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan serta minat kaum muda. Ancaman-ancaman tersebut akan dapat diminimalkan. Disinilah peran penting Gerakan Pramuka menjadi filter atau penyaring bagi berbagai infiltrasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kehidupan bangsa.

Hadirin sekalian, anak-anak ku, kakak-kakak, adik-adik Pramuka yang saya banggakan

Mengakhiri amanat ini saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada adik-adik anggota Pramuka diseluruh tanah air,
  1. Jadilah anggota Pramuka yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan senantiasa bekerja keras .
  2. Mantapkan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dalam diri adik-adik agar menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Cerdas, berbudi luhur dan mempunyai daya saing yang tinggi.
  3. Banggalah menjadi anggota Pramuka dan banggalah menjadi tunas-tunas muda generasi emas Indonesia. Gantungkan cita-citamu setinggi langit, raihlah mimpi mu di masa depan dengan giat belajar, berlatih dan tentu saja beribadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  4. Satukan kata, hati dan perbuatan dalam menempuh jalan kehidupan serta meraih cita-cita dimasa depan. Kedepankan idealisme, kerja keras, kejujuran dan martabat adik-adik sebagai seorang Pramuka sejati.
Itulah pesan saya pada kesempatan terakhir saya menghadiri upacara Hari Pramuka sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional sebagai Presiden Republik Indonesia. Pada kesempatan yang baik ini kepada adik-adik Pramuka, Para Pengurus Kwartir Nasional hingga Kwartir Ranting di seluruh tanah air saya beserta ibu negara ibu Ani Yudhoyono mohon diri, mohon pamit, Insya Allah saya akan mengakhiri masa jabatan saya sebagai Presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang.

Pencayalah Gerakan Pramuka akan tetap ada di hati kami hingga akhir hayat nanti.

Terima kasih
Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesia kita
Dirgahayu Gerakan Pramuka.
Salam Pramuka.
Wassalamu’ alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh 

Sumber :
http://pramuka.or.id/news/sambutan.php, diakses tanggal 21 Agustus 2014

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama