Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : Tugas Rahasia

 


NAMA PERMAINAN
TUGAS RAHASIA

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa


TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap tugas.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu:
  • Bertanggungjawab menyampaikan pesan dengan benar
  • Berkomunikasi dengan baik
METODE
Permainan

PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak

WAKTU
45 menit, dengan rincian :
  • 10 menit Pengantar dan briefing
  • 25 menit Proses
  • 10 menit Debriefing
TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan

PERALATAN
  • Kertas.
  • Alat tulis.
PELAKSANAAN

Pengantar dan briefing (10 menit)
  • Pembina mengumpulkan peserta.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
  • Pembina mengajak peserta melakukan tepuk pramuka/satu macam tepukan lainnya dan satu lagu kepramukaan.
  • Peserta membentuk lingkaran besar dan merentangkan tangan untuk mengatur jarak.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1)    Pesan disampaikan oleh pembina secara berbisik kepada peserta pertama. Peserta pertama harus menuliskan pesan tersebut pada kertas, kemudian kertas dilipat. (2)    Peserta pertama menyerahkan lipatan kertas pesan dan membisikkan pesan ke peserta kedua. Pesan melalui bisikan dan tertulis dalam lipatan kertas disampaikan secara beranting hingga peserta terakhir. (3)    Peserta terakhir menyampaikan isi pesan yang diterimanya melalui bisikan di depan seluruh peserta, setelah itu membaca isi pesan dalam lipatan kertas. Seluruh peserta akan membandingkan kedua pesan untuk mengetahui apakah pesan yang disampaikan secara berbisik tersebut tersampaikan atau tidak dengan benar (sama dengan tulisan pesan).
Proses (25 menit)
  • Pembina meminta seluruh peserta bersiap di tempat dan memulai permainan.
  • Peserta melakukan permainan sesuai aturan selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh peserta dan mengevaluasi proses permainan.
Debriefinng (10 menit)
  • Pembina menanyakan perasaan peserta setelah mengikuti permainan.
  • Pembina menanyakan manfaat permainan dan memotivasi agar peserta berusaha mendengarkan, menyampaikan dan melaksanakan setiap pesan/tugas dengan baik dan benar.
  • Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
PENILAIAN
  • Ukuran : Proses permainan mencakup ranah emosional, sosial, intelektual, dan aktivitas fisik yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan fisik.
  • Cara : Mengamati proses permainan dan melihat hasil permainan.
CATATAN
  • Aturan permainan dapat ditentukan sendiri oleh pembina dengan memperhitungkan jumlah peserta. Bila jumlah peserta dan luas arena kurang sesuai, maka peserta dapat membentuk satu lingkaran lagi di bagian dalam lingkaran pertama.
  • Setelah tiba di peserta terakhir pada lingkaran pertama, maka dia akanmelanjutkannya ke peserta lingkaran kedua yang berada di depannya.

Selamat Memandu. Salam Pramuka


Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2011

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama