Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Mar 10, 2013

Tepuk Pramuka sebagai Media Pendidikan




Manfaat Tepuk Tangan

  • Tepuk tangan merupakan kegiatan yang sudah sangat identik dengan kepramukaan. Kegiatan yang tampaknya hanya bermain-main ini,  ternyata berdasar penilitian para ahli  dinyatakan bahwa tepuk tangan dapat bermanfaat untuk  mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak dan remaja  sebagai bekal untuk menuju  ke tahap pertumbuhan berikutnya.
  • Tepuk tangan dapat meningkatkan kesehatan, karena di dalam organ telapak  tangan terdapat  pusat syaraf dari semua bagian tubuh. Di telapak tangan  terdapat banyak anyak sekali syaraf penghubung kesemua bagian tubuh,  setiap syaraf membuat koordinasi sendiri dan menghasilkan efek baik bagi organ organ lainnya.  Oleh sebab itu apa bila kita bertepuk tangan maka semua bagian syaraf akan tertekan dan bereaksi sesuai dengan fungsinya,  semakin kita sering bertepuk tangan maka semakin lancar peredaran syaraf , atau dalam arti kata melatih kerja organ tersebut.
  • Bertepuk tangan yang baik bagi kesehatan adalah dengan  meletakan semua bagian (permukaan tangan yang satu dengan permukaan  tangan lainnya).  Kemudian tepuk secara berirama, dalam durasi yang cukup sehingga   permukaan tangan terasa  semakin panas dan membawa efek perubahan ke seluruh organ tubuh.
  • Dr. Idit Sulkin, anggota BGU Music Science Lab in the Department of the Arts, melakukan penelitian terhadap anak  satu, dua dan tiga di sekolah dasar  dengan membandingkan antara anak yang ikut  menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan dan yang tidak ikut. Hasil penelitian  menemukan bahwa anak-akan yang ikut kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan memiliki  keterampilan motorik yang lebih baik sehingga anak-anak itu dapat  menulis dengan lebih baik, tulisan yang rapi, dan hanya sedikit membuat kesalahan dalam mengeja dibandingan anak-anak yang tidak ikut. Tepuk tangan mampu mempengaruhi hormon kecerdasan di otak sehingga merangsang  otak untuk mempengaruhi perkembangan daerah otak yang lainnya.
  • Dalam penelitian yang sama ditemukan bahwa tepuk tangan mampu melatih integritas sosial dan sikap emosional anak-anak. Suasana riang gembira, kekompakan untuk menghasilkan irama yang indah, kebersamaan dan keceriaan ternyata telah melahirkan kesadaran akan pentingnya tanggungjawab, menjaga kebersamaan dan membantu anak-anak untuk menghayati dan merasakan keindahan.
Tepuk Tangan dalam Kepramukaan
  • Tepuk Pramuka merupakan salah satu tepuk yang wajib dikuasai oleh para anggota pramuka. Tepuk Pramuka berfungsi untuk membangun kekompakan, mencairkan suasana, membangun persaudaraan bakti dan juga menunjukan kesiapan untuk melaksanakan kegiatan.
  • Didalam kegiatan kepramukaan banyak sekali jenis permainan tepuk tangan. Disamping jenis-jenis tepuk tangan yang lama juga terdapat tepuk tangan versi baru yang diciptakan oleh Kakak Pembina di berbagai daerah. Kreativitas menciptakan permainan tepuk tangan merupakan kreativitas yang tanpa batas.
  • Permainan tepuk tangan disamping digunakan membangun suasana gembira juga dapat digunakan untuk menyisipkan pesan-pesan tentang kebersihan, kerapihan, tanggungjawab, cinta alam dan orang tua, juga dapat digunakan untuk menyisipkan ilmu pengetahuan tentang binatang, alam, teknologi, dsb.

Contoh Permainan Tepuk Tangan dalam Kepramukaan
 

Tepuk Irama
  • Kakak Pembina menugaskan kelompok 1 untuk tepuk tunggal (prok),kelomok 2 tepuk ganda (prok-prok), kelompok 3 tepuk triple  (prok-prok-prok).
  • Kakak Pembina menyampaikan bahwa setiap kelompok yang ditunjuk oleh Kakak Pembina wajib bertepuk tangan sesuai dengan tugasnya.
  • Permainan dimulai, Kakak Pembina menunjuk secara acak misalnya : dari kelompok 3, ke kelompok 2, ke kelompok 3 lagi, ke kelompok 2 lagi, baru ke kelompok 1. Demikisn seterusnya makin cepat, makin bervariasi, makin berirama dan makin membutuhkan konsentrasi.
  • Suasana akan riang dan irama tepuk tangan akan sangat bervariatif.

Tepuk kodok    

Prok3x teot-teot, Prok3x teblung-teblung, Prok3x teot-teblung, teot-teblung, teot-teot teblung...dst.....

Tepuk krupuk
Prok3x puk-puk-puk, Prok3x galepuk, Prok3x sandal bapak, Prok3x di tukar krupuk.......

Tepuk Sambal
Prok3x giling-giling, Prok3x jilat-jilat, Prok3x uzhaah-uzhah......, Prok3x Pedas

Tepuk Koboy
Prok3x Ambil Pistol, Prok3x Isi pelor, Prok3x gedar-gedor, Prok3x mati konyol..........

Tepuk bakso
Prok 3X bulat-bulat, Prok 3X tambah sambel, Prok 3X enak seger, Prok 3X bakso.......

Tepuk Ayam
Prok 3X piyik-piyik, Prok 3X Petok-petok, Prok 3X Kukuruyuk.............

Tepuk Ondel-ondel
Prok 3X Ondel-ondel, Prok 3X badan besar, Prok X rambut jagung, Prok 3X kalau jalan, Prok 3X timplang timplung ....timplang timplung......

Tepuk Badut
Prok 3X mata besar, Prok 3X hidung tomat, Prok 3X perut gendut, Prok 3X goyang-goyang

Tepuk Rapi
Prok 3X Rapi Kanan, Prok 3X Rapi kiri, Prok 3X rapi semuanya, Yessssssss ......

Tepuk Diam
Prok 3X Bila aku, Prok 3X Sudah tepuk, Prok 3X maka aku, Prok 3X harus diam, One, two, three, four Yes .....


Selamat berlatih dengan gembira. Salam Pramuka


Sumber :
health.detik.com
kakadi.wordpress.com
pramukapadiemas.blogspot.com


**) ditulis ulang dan disesuaikan untuk keperluan ensklopediapramuka (-aiw)

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat