Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Jan 12, 2013

Syarat & Tanda Kecakapan Pramuka Penegak (Umum, Khusus, Garuda)




Pengertian
  • Sistem Tanda Kecakapan adalah salah satu Metode Kepramukaan untuk mendorong dan merangsang Pramuka Penegak agar memiliki kecakapan untuk pengembangan pribadinya. Tanda Kecakapan bukan merupakan tujuan tapi merupakan alat pendidikan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Pramuka Penegak akan mendapat Tanda Kecakapan apabila telah menyelesaikan syarat-syarat kecakapan (telah diuji) dari pembinanya sebagai penghargaan atas kecakapan yang diraihnya.
  • Pembina harus menjamin bahwa kecakapan yang dimiliki Pramuka Penegak cukup dapat dipertanggung jawabkan, dengan pengertian bahwa Pramuka Penegak memperoleh Tanda Kecakapan sesuai dengan prosedur setelah memenuhi syarat-syarat kecakapan yang diinginkan atau diminati. 
  • Kecakapan dalam Gerakan Pramuka terdiri atas Kecakapan Umum &  Kecakapan Khusus 

Kecakapan Umum Pramuka Penegak

  • Kecakapan Umum Pramuka Penegak adalah kecakapan yang wajib dipenuhi Pramuka Penegak untuk pengembangan pribadinya. Pencapaian Kecakapan Umum harus melalui syarat-syarat tertentu yang tertuang dalam Buku SKU (Syarat Kecakapan Umum). 
  • Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak adalah syarat-syarat kecakapan yang wajib dipenuhi oleh pramuka Penegak untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). TKU Pramuka Penegak merupakan tanda kecakapan setelah memenuhi syarat-syarat kecakapan umum sesuai dengan tingkatannya.
  • SKU dan TKU Pramuka Penegak memiliki 2 (dua) tingkatan yaitu SKU dan TKU Penegak Bantara dan Penegak Laksana . Adapun bentuk TKU Penegak adalah sebagai berikut:
  • Gambar TKU Penegak Bantara & Laksana :



Kecakapan Khusus Pramuka Penegak
  • Kecakapan Khusus Pramuka Penegak adalah kecakapan, kepandaian, kemahiran, ketangkasan, keterampilan di bidang tertentu yang dimiliki Pramuka Penegak sesuai dengan minat dan bakatnya.  SKK adalah syarat-syarat kecakapan sesuai dengan minat dan bakat Penegak yang harus dipenuhi untuk mendapatkan TKK.
  • TKK merupakan tanda kecakapan bagi Pramuka Penegak setelah menempuh syarat-syarat khusus sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • TKK Pramuka Penegak  terdiri dari  TKK Penegak : Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi dan Watak.  Bidang Patriotiste dan Seni Budaya. Bidang Ketangkasan dan Kesehatan. Bidang Ketrampilan dan Teknik Pembangunan. Bidang Sosial, Perikemanu-siaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup. Masing-masing TKK dibedakan warna dasar, sbb :
  •  Masing-masing  Bidang TKK dimaksud di atas terdiri dari beberapa jenis TKK dan dibagi kedalam tiga tingkkatan yaitu  purwa, madya,  utama dengan ukuran gambar sbb :


  •  Disamping TKK Bidang di atas Pramuka Penegak juga memiliki TKK berdasarkan kelompok Satuan Karya, yaitu : TKK Kebaharian, TKK Kebhayangkaraan, TKK Kedirgantaraan, TKK Kekencanaan, TKK Tarunabumian, TKK Kewirakartikaan, TKK Kewanabaktian, TKK Baktihusadaan.


Pramuka Penegak Garuda

Pengertian
  • Pramuka Garuda ialah seorang Pramuka yang dapat menjadi teladan dan telah memenuhipersyaratan serta memiliki Tanda Parmuka Garuda.
  • Tanda Pramuka Garuda adalah :1) tanda kecakapan tertinggi yang diberikan kepada seorang Pramuka yang memenuhi syarat-syarat Pramuka Garuda.2) sebagai alat yang mempunyai nilai pendidikan dalam rangka menerapkan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan.
  • Syarat-syarat Pramuka Garuda adalah ketentuan yang harus dipenuhi oleh seorang Pramukauntuk memperoleh Tanda Pramuka Garuda, sesuai dengan golongan dan usianya.
Syarat-syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak
Seorang Pramuka Penegak ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika telah memenuhi syarat-syaratsebagai berikut :
  1. Menjadi contoh yang baik dalam gugusdepan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau di dalammasyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma
  2. Memahami Undang-undang Dasar 1945.
  3. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penegak Laksana.
  4. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penegak, sedikit-dikitnya sepuluhmacam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus, sedikitnya satu macam TKK tingkat Utama dantiga macam TKK tingkat Madya, yaitu :1) Lima buah TKK wajib yang dipilih di antara :a) TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.b) TKK Pengatur Rumahc) TKK Juru Masak.d) TKK Berkemah.e) TKK Penabung.f) TKK Penjahit.g) TKK Juru Kebunh) TKK Pengaman Kampungi) TKK Pengamatj) TKK Bidang Olah Raga, misalnya gerak jalan, berenang, dan lain-lain.2) Lima buah TKK pilihan, yang dapat dipilih di antara TKK yang telah ditetapkan denganKeputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  5. Sedikit-dikitnya sudah tiga kali mengikuti pertemuan-pertemuan Pramuka untuk golonganPenegak, di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional atau internasional.
  6. Tergabung dalam Satuan Karya, dan dapat menyelenggarakan suatu proyek produktif yangbersifat perorangan atau bersifat bersama, sesuai dengan Satuan Karya yang diikutinya.
  7. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung Tabanas yang rajin dan teratur.
  8. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya,atau membantu menyelenggarakan pertunjukan kesenian.
  9. Dapat menjalankan dan memimpin salah satu cabang olah raga, yang dipilih dari cabang olahragaatletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan atau cabang olah raga lainnya.
  10. Pernah ikut serta dalam kegiatan memikirkan, merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatanpembangunan masyarakat di lingkungannya.
 Tanda Pramuka Penegak Garuda
  • Jenis Bahan :  Tanda Pramuka Garuda asli dibuat dari logam berwarna emas, yang digantungkan pada pita kain.b. Tanda Pramuka Garuda duplikat dibuat dari kain.
  • Tanda Pramuka Garuda dari logam berbentuk segi lima beraturan, dengan panjang sisi masing-masing 2,5 cm dan berbingkai selebar 2 mm. Di tengah bentuk segi lima tersebut terdapat gambar relief (gambar timbul) seekor burung garudadengan sayap terbuka, dengan lambang Gerakan Pramuka di dadanya, dan sehelai pita yangdigenggam oleh kedua cakarnya bertulis “SETIA - SIAP - SEDIA”.
  • Warna bingkai, burung garuda dan pita adalah kuning emas. Warna tulisan hitam. Warnadasar/latar belakang adalah Kuning untuk Pramuka Penegak, 
  • Pita kalung lebar ukuran  ±  2,5cm x 60 cm, berwarna :1) putih di sisi tepinya (kiri dan kanan) selebar ± 0,4 cm2) merah ditengah selebar 1,7 cm3) panjang pita jika dikenakan, Tanda Pramuka Garuda tepat di ujung tulang dadanya.
  • Tanda Pramuka Garuda dari kain, mempunyai bentuk, gambar, warna, tulisan, dan ukuran yangsama dengan ketentuan-ketentuan di atas, hanya tidak menggunakan atau digantungkan padapita.

Arti Gambar
  • Bentuk segi lima mencerminkan Pancasila.b. Gambar garuda terbang menggambarkan kekuatan besar pada dirinya untuk mencapai cita-citayang tinggi, bertindak dengan jiwa Pramuka yang berkembang dalam dadanya can berpegangpada semboyan “Setia – Siap – Sedia” .c. Pada masing-masing sayap terlukis 17 bulu, pada ekor terdapat 8 helai bulu, sedangkan padapangkal sayap dan dada terdapat 45 helai. Ini mengkiaskan bahwa setiap Pramuka Garuda harusbersemangat perjuangan atas dasar nilai-nilai 17-8-45.d.
  •  Arti semboyan :1)  Setia  artinya seorang Pramuka Garuda akan selalu setia kepada Tuhan, bangsa dan negara,pimpinan dan keluarganya.2) Siap artinya seorang Pramuka Garuda akan selalu siap untuk berbuat kebajikan dan berbuat jasa setiap waktu.3) Sedia artinya seorang Pramuka Garuda akan selalu mempunyai rasa kesediaan ataukeikhlasan untuk berbakti.
 Bentuk Gambar




Selamat Berlatih & Berprestasi. Salam Pramuka


Lihat Topik/Entri Terkait:
Perjalanan Bakti Pramuka Penegak
Cara Menguji Tanda Kecakapan Pramuka


Sumber






 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat