Tanda-tanda Jejak



Pengantar
Tanda jejak digunakan sebagai salah satu materi dalam sebuah permainan besar (wide game). Wide game adalah permainan penjelajahan di alam terbuka dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak, membuat peta, mencatat berbagai situasi dan dibagi dalam pos-pos. Setiap pos berisi tugas atau kegiatan menyelesaikan soal baik dengan menggunakan  morse, semaphore, sandi, tali temali, PPPK maupun berbagai jenis kegiatan lainnya.

Tanda jejak juga dapat digunakan dalam sebuah kegiatan pengembaraan, penjelajahan, hiking, mendaki gunung, dan berbagai jenis kegiatan di alam bebas lainnya. Tanda jejak  adalah tanda untuk menunjukkan sesuatu, apakah itu arah, jalan atau bahkan hal-hal lain tentang peristiwa/kejadian. Dalam ke permukaan tanda jejak selalu bersifat rahasia. Untuk membuat tanda jejak, dapat dipakai batu, kayu, ranting, goresan, rumput dan benda-benda lain-lain benda yang dapat dijadikan sebagan tanda.

Sebagai alat pendidikan penguasaan terhadap tanda-tanda jejak dapat digunakan untuk menumbuhkan kreativitas, tanggungjawab terhadap sesama, ketelitian dalam bertindak, kejujuran dalam memberikan informasi, kerjasama regu, kewaspadaan, cinta alam dan dapat memanfaatkan sumberdaya/kekayaan alam dengan penuh tanggungjawab.


Tanda-tanda Jejak yang Menunjukan Arah 






Tanda-tanda Jejak yang Menunjukan Situasi/Keadaan tertentu





Selamat Mengembara. Salam Pramuka


5 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama