Area Pengembangan Pramuka Penggalang





Pengantar
Gerakan Pramuka dalam perkembangannya berupaya memenuhi standar kurikulum pendidikan berupa syarat kecakapan baik kecakapan umum maupun kecakapan khusus mengikuti area pengembangan individu. Gerakan Pramuka mengidentifikasi area pengembangan terbagi menjadi 5 area pengembangan yang terdiri atas:
  1. Area Pengembangan Spiritual;
  2. Area Pengembangan Emosional;
  3. Area Pengembangan Sosial;
  4. Area Pengembangan Intelektual;
  5. Area Pengembangan Fisik;

Area Pengembangan Spiritual

Pengertian
  • Pengembangan Spiritual adalah pengembangan yang berkaitan dengan pengetahuan yang mendalam dan memahami kekayaan spiritual (keagamaan dan kepercayaan) yang dimiliki masyarakat. Agama diyakini sebagai pegangan hidup dan merupakan bagian dari kehidupan serta menghargai spiritual pilihan orang lain. Spiritual memberikan motivasi dalam kehidupan dan merupakan alat pengembangan yang diamalkan agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta bertanggungjawab.Agama mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Hubungan tersebut dapat menjamin keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam hidup manusia. Pengembangan spiritual pada Pramuka Penggalang merupakan salah satu aplikasi Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta untuk mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka.
  • Pada usia Pramuka Penggalang merupakan saat terjadinya perubahan dari pola berfikir anak-anak menjadi remaja, terjadi sebuah pemikiran yang sangat ekstrim dimana remaja menjadi tidak mudah menurut dan lebih mudah percaya terhadap teman sebayanya.
  • Dengan pola pendekatan pembinaan pramuka peggalang, hal ini dapat tercapai apabila penemuan ketaqwaan dan keimanan diperoleh secara bersama-sama dengan dukungan orang dewasa yang menghantarkan remaja memperoleh sebuah penemuan akan ketuhanan.
  • Keteladanan adalah sebuah cara penemuan yang lain yang dapat diperoleh seorang remaja. Figur teladan ini akan menjadi panutan sehingga mudah bagi remaja untuk menerima saran dan pendapat.
Tujuan
Tujuan pengembangan Spiritual Pramuka Penggalang adalah membantu menanamkan, memperdalam, memperkuat keimanan ketaqwaan dan mensyukuri kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Sasaran Pramuka Penggalang mampu :
  1. Menjalankan Ibadah sesuai dengan Agama atau Kepercayaannya
  2. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Mematuhi perintahNya dan menjauhi laranganNya
  4. Menghormati Agama lain
  5. Menyayangi sesama mahluk dan alam ciptaan Tuhan

Area Pengembangan Emosional

Pengertian
  • Pengembangan emosional adalah pengembangan yang berkaitan dengan perasaan dan bagaimana cara mengelola dan mengungkapkan emosi.
  • Sikap dan perilaku seseorang mencerminkan keseimbangan dan kematangan emosi dalam mencapai dan memelihara kebebasan diri. Emosi dan perasaan merupakan bagian dari kehidupan yang membantu pembentukan pribadi seseorang.
  • Kondisi dari perubahan anak menjadi seorang remaja juga mengakibatkan terjadinya pengembangan emosi, perlunya penghargaan atas sebuah pribadi yang utuh yang tidak dianggap remeh dan dihargai atas segala pendapatnya merupakan kebutuhan remaja. Bila hal ini tidak diperoleh maka remaja akan mudah mencari pelampiasan lain yang mungkin baik kadang pula tidak baik.
  • Saat ini banyak cara seorang remaja mengekspresikan emosi dan perasaannya, salah satunya melalui media pertemanan "facebook" dan "twitter". Hal ini sangat dimungkinkan terjadi salah memilih kawan bahkan terjerumus ke hal-hal yang negatif.
  • Keluarga merupakan sumber utama terjadinya pengembangan emosi remaja, apabila terjadi komunikasi yang cukup diantara anggota keluarga maka remaja akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki emosi yang stabil, bila hal ini tidak didapat dirumah maka Pembina Pramuka harus memiliki kemampuan pendekatan yang mampu menjawab kebutuhan remaja yaitu Pramuka Penggalang.
Tujuan
Tujuan pengembangan emosional adalah membantu Pramuka Penggalang untuk menumbuh-kembangkan dan mengelola perasaan serta pengungkapannya secara wajar sehingga dapat menghargai orang lain dan dapat mengendalikan emosinya dengan seimbang.

Sasaran
Sasaran  pengembangan  emosional  adalah  agar  Pramuka  Penggalang  mampu  :
  1. Mengelola emosi dan perasaannya untuk kesetabilan dirinya
  2. Mengenal dan menerima berbagai perasaan serta emosi
  3. Menghargai perasaan orang lain
  4. Mengendalikan emosi diri dan lingkungannya

Area Pengembangan Sosial
Pengertian
Pengembangan Sosial adalah pengembangan pribadi yang berkaitan dengan kepercayaan dan ketergantungan terhadap orang lain serta membangun kemampuan untuk bekerjasama dan memimpin. Pengakuan terhadap seorang remaja sebagai individu yang memerlukan individu lain atau teman ataupun lawan jenis merupakan wadah belajar untuk mengungkapkan perasaan dan eksistensi diri kepada orang lain dengan cara yang benar dan santun.

Tujuan
Tujuan pengembangan sosial adalah membantu Pramuka Penggalang dalam mengembangkan hubungan dengan teman, komunikasi, kemandirian, kerjasama, kepemimpinan dan solidaritas.

Sasaran
Sasaran   pengembangan   sosial   adalah   agar   Pramuka   Penggalang   mampu   :
  1. Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggungjawab
  2. Melaksanakan   norma-norma   yang   berada   di   masyarakat   lingkungannya
  3. Berperan aktif membantu masyarakat membina kehidupan yang rukun dan damai
  4. Bekerjasama dengan orang lain
  5. Memimpin dan dipimpin orang lain

Area Pengembangan Intelektual

Pengertian
Pengembangan Intelektual adalah pengembangan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, berinovasi dan menggunakan informasi dalam situasi yang berbeda. Pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuan intelektual yang diartikan sebagai kecerdasan. Kecerdasan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai hal anatar lain dengan cara memecahkan masalah-masalah yang harus dihadapi dalam masa pertumbuhan dan kehidupannya

Tujuan
Tujuan Pengembangan Intelektual Pramuka Penggalang adalah membantu menumbuhkan keingin tahuan dan meningkatkan kecerdasan dengan menghimpun informasi dan ilmu pengetahuan.
Sasaran Sasaran  pengembangan  Intelektual  adalah  agar  Pramuka  Penggalang  mampu  :
  1. Mengikuti perkembangan iptek dan ketrampilan kepramukaan
  2. Menggunakan IT dan menjelaskan manfaatnya
  3. Mengaplikasikan Iptek dan ketrampilan kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari

Area Pengembangan Fisik

Pengertian
  • Pengembangan fisik adalah pengembangan yang berkaitan dengan anggota dan organ tubuh manusia, mengenali kebutuhannya, pemeliharaannya agar menjadi sehat dan kuat.
  • Pramuka Penggalang wajib mengenali tubuhnya, bertanggung jawab atas pertumbuhan, perkembangan dan fungsi tubuhnya, serta dapat menjaga agar tetap sehat, bugar dan menjadi sosok Pramuka Penggalang dengan tubuh yang sehat dan kuat.
  • Tuhan telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna. Untuk itu, kita wajib memelihara tubuh sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rasa syukur dapat diwujudkan dengan menjaga dan memelihara anggota dan organ tubuh agar sehat dan kuat.

Tujuan
Tujuan pengembangan fisik Pramuka Penggalang adalah untuk membantu menumbuhkembangkan fisik dan psikis agar tumbuh dengan baik

Sasaran
Sasaran   pengembangan   Fisik   adalah   agar   Pramuka   Penggalang   mampu   :
  1. Memiliki pengetahuan membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya
  2. Melakukan kegiatan pemeliharan pertumbuhan perkembangan tubuh secara teratur dengan baik
  3. Mengenali    perubahan    yang    terjadi    perubahan    fisik    dan    psikisnya

 Lihat entri/topik terkait :
Penggalang (Filosofi, Kiasan Dasar & Model Kegiatannya)
Pembina Penggalang (Peran, Tanggungjawab & Profilenya)
Tanda Kecakapan Penggalang & Penggalang Garuda

Sumber :
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR:  199 TAHUN 2011 TENTANG PANDUAN PENYELESAIAN SYARAT KECAKAPAN UMUM















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama