Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Oct 16, 2012

TKK Siaga : Bidang Patriotisme, Seni dan Budaya




Pengantar

  • Kecakapan khusus adalah kecakapan, kepandian, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan, sikap dan usaha dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang Pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta penguiiannya.
  • Syarat Kecakapan Khusus yang disingkat SKK adalah semua syarat yang harus dipenuhi seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus atau TKK tertentu sesuai dengan usia dan kemampuannya.
  • Tanda Kecakapan Khusus adalah suatu tanda yang menuniukkan kecakapan, kepandaian, ketangkasan, ketrampilam, kemampuan sikap dan usaha seorang Pramuka dibidang tertentu, sesuai dengan usia dan kemampuan jasmani dan ro haninya.
  • Tujuan sistem TKK adalah untuk mendorong dan merangsang para Pramuka agar berusaha memperoleh sejumlah kecakapan sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan dan mampu untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat. Sistem ini juga merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Sementara sasarannya agar setiap Pramuka mempunyai pengetahuan, kecakapan dan kemampuan sehingga dapat menimbulkan rasa bangga memiliki tanda kecakapan tersebut.


Macam dan Bidang Kecakapan Khusus

  • Agak berlainan dengan TKU yang hanya terbatas pada 3 tingkat atau 3 macam, maka dalam TKK tidak dibatasi jumlahnya. Hal itu tergantung kepada keadaan, kemampuan dan keperluan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat minat dan bakat peserta didik. Meskipun tidak dibatasi dalam jumlahnya, tetapi digolongkan dalam 5 bidang yaitu: Pertama bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi dan watak, kedua bidang patriotime dan seni budaya, ketiga bidang ketrampilan dan teknik pembangunan, ke empat bidang ketangkasan dan kelima bidang social perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban m asyarakat, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.
  • Untuk Pramuka Siaga hanya diadakan dalam satu tingkat, karena hanya dipergunakan sebagai perangsang dan menarik perhatian atau minat anak didik untuk berusaha mempelaiari kecakapan tersebut. Bentuknya segitiga, berukuran panjang 3 cm dan tinggi 2 cm, dengan puncak di bawah.

Jenis TKK Siaga Bidang Patriotisme, Seni dan Budaya


SKK Pengatur Ruangan
Harus dapat mengatur dan menempatkan alat-alat rumah tangga, seperti meja, kursi, rak majalah, almari, dan lain-iain di salah satu ruangan. Misalnya ruangan tamu, kamar tidur, ruang kerja atau istirahat. Dapat rnenyusun gambar, bunga, tanaman, tirai sebagai hiasan dekorasi suatu ruangan, dan dapat mengatur dan menyiapkan meja makan. 
  
SKK Pengatur Meja Makan
Harus dapat menyiapkan dan menghidangkan minuman teh/kopi panas untuk keluarga sendiri atau tamu. Dapat menyiapkan menu makanan secara sederhana untuk makan siang/malam bagi keluarga sendiri serta tahu dan dapat makan dengan/tanpa sendok garpu dan tahu sopan santun makan.



 KK Pemimpin Menyanyi (Dirigent/Conductor)
Harus dapat menyanyikan dua buah lagu nasional/daerah, dua buah lagu Pramuka, baik kata-katanya maupun noot-nya, dengan nada dan irama yang  tepat. Dapat memimpin barungnya untuk menyanyikan lagu lndonesia Raya, sebuah lagu nasional/daerah dan sebuah lagu Pramuka.



 SKK Penyanyi
Harus dapat menyanyikan lagu kebangasaan lndonesia, lbu Kartini, Bagimu Negeri, Satu Nusa dan Satu Bangsa. Dapat menyanyikan 5 lagu Pramuka dan 31 lagu daerahnya sendiri, beserta noot-nya.


SKK Pelukis
Harus dapat mengenal gambar seorang tokoh nasional/pelukis Indonesia yang sudah terkenal. Dapat membedakan lukisan dengan, pensil, kapur, cat air, cat minyak atau bahan lain hasil orang lain. Dapat melukis 2 buah lukisan yang dipilihnya secara bebas, dari 3 macam keadaan/lukisan tentang : pemandangan, benda mati, tanaman, manusia atau hewan yang dilakukannya dengan 


mengkhayal, atau menyalin, atau membuat sketsa dari keadaan tersebut.

 

  SKK Mengarang
Harus dapat menyebut nama dan hasil karya dari sedikitnya seorang pengarang lndonesia yang terkenal. Dapat menyusun/mengarang sebuah sanjak atau karangan singkat. Mengetahui dan dapat menceritakan 2 buah cerita daerah. Dapat menceriterakan kembali cerita anak-anak yang telah dibaca, dengan  atau dilihatnya, dengan kalimat dan  kala-kata susunannya sendiri.



Selamat memandu. Salam Siaga
Membahagikan Siaga, Membahagiakan Indonesia.


Lihat entri/topik terkait
Tanda Kecakapan Pramuka SiagaCara Menilai & Menguji Kecakapan Pramuka Siaga.

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat