Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Oct 21, 2012

TKK Siaga : Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong-Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup



Pengantar
  • Kecakapan khusus adalah kecakapan, kepandian, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan, sikap dan usaha dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang Pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta penguiiannya.
  • Syarat Kecakapan Khusus yang disingkat SKK adalah semua syarat yang harus dipenuhi seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus atau TKK tertentu sesuai dengan usia dan kemampuannya.
  •  Tanda Kecakapan Khusus adalah suatu tanda yang menuniukkan kecakapan, kepandaian, ketangkasan, ketrampilam, kemampuan sikap dan usaha seorang Pramuka dibidang tertentu, sesuai dengan usia dan kemampuan jasmani dan ro haninya.
  • Tujuan sistem TKK adalah untuk mendorong dan merangsang para Pramuka agar berusaha memperoleh sejumlah kecakapan sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan dan mampu untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat. Sistem ini juga merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Sementara sasarannya agar setiap Pramuka mempunyai pengetahuan, kecakapan dan kemampuan sehingga dapat menimbulkan rasa bangga memiliki tanda kecakapan tersebut.

Macam dan Bidang Kecakapan Khusus
  • Agak berlainan dengan TKU yang hanya terbatas pada 3 tingkat atau 3 macam, maka dalam TKK tidak dibatasi jumlahnya. Hal itu tergantung kepada keadaan, kemampuan dan keperluan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat minat dan bakat peserta didik. Meskipun tidak dibatasi dalam jumlahnya, tetapi digolongkan dalam 5 bidang yaitu: Pertama bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi dan watak, kedua bidang patriotime dan seni budaya, ketiga bidang ketrampilan dan teknik pembangunan, ke empat bidang ketangkasan dan kelima bidang social perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban m asyarakat, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.
  • Untuk Pramuka Siaga hanya diadakan dalam satu tingkat, karena hanya dipergunakan sebagai perangsang dan menarik perhatian atau minat anak didik untuk berusaha mempelaiari kecakapan tersebut. Bentuknya segitiga, berukuran panjang 3 cm dan tinggi 2 cm, dengan puncak di bawah.


Jenis SKK & TKK Siaga Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong-Royong, Ketertiban Masyara kat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup.


SKK Pemadam Kebakaran
Harus dapat menyatakan dan memadamkan api dan tahu akan bahayanya. Tahu tentang kegunaan api, dapat dan pernah membantu di rumahnya, merawat, mengisi, dan menyalakan lampu, stromkling, kompor atau perabot rumah tangga yang menggunakan api.


 
SKK Pengamanan Lalu Lintas
Harus dapat menolong orang menyeberang dan untuk itu tahu cara memberhentikan lalu lintas kendaraan yang sedang lewat, dapat memberi tanda-tanda dan isyarat-isyarat lalu lintas serta pakaian seragam petugas polisi lalu lintas.



 
SKK Pengamanan Kampung
Harus dapat menyembunyikan tanda bahaya dari kentongan dan mengerti arti dan maksud bunyi kentongan titir, bunyi kentongan pincang dan uluk-uluk. Dapat menolong sedikitnya sekali dengan jalan melaporkan kepada Pos Keamanan terdekat tentang pelanggaran pencurian/tindakan jahat lainnya yang terjadi di kampung/desanya.


 
 SKK Penunjuk Jalan
Harus tahu dan dapat menielaskan jalan-jalan ke desa/kota lain yang berdekatan dengan tempat tinggalnya dan tahu berapa jauhnya. Dapat berbicara dan menuniukkan jalan kepada orang lain dengan tertib, sopan dan jelas. Tahu tempat rumah sakit, dokter, apotik, kantor polisi, RT/RW, sekolah, bengkel, pemberhentian kendaraan umum, stasiun, kantor pos, telegrarn, telepon dll tempat penting, yang dekat dengan tempat tinggalnya.


 
SKK Juru Bahasa
Harus dapat melakukan percakapan sehari-hari dalam salah satu bahasa Inggris/Jerman/Perancis/Spanyol/Itali/Jepang/Cina/Arab. Dan dapat membaca dan mengerti surat kabar berbahasa lnggris/Jerman/Perancis/Spanyol/Jepang/Cina/Arab.






SKK Pembantu lbu
Harus bersikap ramah tamah dan dapat bergaul dengan seiuruh anggota keluarganya. Dapat mengurus adiknya biia ibu tidak dirumah, misalnya menyuapi makan, mengganti pakaian, memandikan, menghibur, bermain-main dan menidurkannya. Menolong pekerjaan yang ringan dalam rumah tangga, misalnya piring/alat lainnya, menolong di dapur, menyediakan minum untuk tamu/adiknya. Dan membersihkan kamar/ruang.

 
 SKK Penerima Tamu
Harus tahu cara yang sopan mengetuk pintu, menanyakan teman yang dicari, cara duduk bersama, cara bercakap-cakap dengan teman sebaya atau dengan orang lebih tua. Dapat menjawab pertanyaan tamu yang mencari ayah/ibu/saudaranya, menyilakan duduk, berbicara memperkenalkan dan mengantar tamu. Membuatkan acara untuk tamu yang menunggu, dll. Dapat menerima kunjungan teman/saudaranya, dan membuat acara yang menarik, mengajak bermain, bercakap-akap dan lain-lain dengan baik dan sopan.


 SKK Juru Penerang
Harus mengetahui cara dan telah menceriterakan kepada barung lain tentang keadaan barung atau perindukannya. Mengetahui cara dan telah membuat laporan singkat tentang jalannya latihan siaga yang telah diikutinya. Dapat menggunakan alat-alat pengeras suara (megaphone, mikrophone, dll). Mengetahui nama koran/majalah yang terbit di daerahnya, atau yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

SKK Korespondensi
Harus dapat membuktikan bahwa ia mempunyai sahabat pena paling sedikit 3 orang dari cabang Pramuka yang bukan daerahnya. Dapat menyampaikan surat-surat undangan (pesta, ulang tahun, pertemuan barung, dll), ucapan terima kasih dan pernyataan belasungkawa, pemberitahuan/izin tidak masuk sekolah. Tahu cara dan dapat mengirimkan surar lewat pos (surat biasa, kilat, kilat
khusus, surat tercatat). Dapat membuat ceritera tentang latihan Siaga yang pernah diikutinya.



SKK PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
Harus mengetahui cara dan dapat memberi pertolongan pada kecelakaan : luka iris, luka garuk, luka terbakar, kena benda panas, benjut/memar. Mengetahui cara dan dapat menggunakan dengan benar dan rapi : pembalut segitiga untuk luka di kepala tangan dan kaki; pembalut panjang (zwachterverband) untuk jari dan lengan/paha. Mengetahui cara dan dapat menghentikan pendarahan hidung, menolong kecelakaan akibat sengatan binatang/serangga dan debu mata. Mengetahui penggunaan obat atau ramuan untuk obat luka. Dan tahu nama dan alamat poliklinik (Puskesmas), dokter atau rumah sakit terdekat.



Selamat Memandu. Salam Siaga.
Membahagiakan Siaga, Membahagiakan Indonesia.


Lihat entri/topik terkait
Tanda Kecakapan Pramuka SiagaCara Menilai & Menguji Kecakapan Pramuka Siaga.


 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat