PPPK : Mengeluarkan Debu atau Pasir yang Masuk ke Mata







Pengantar
Dalam pelaksanaan latihan atau kegiatan pramuka di alam terbuka kadang-kadang terjadi kecelakaan kecil yang perlu penanganan segara. Debu atau pasir yang masuk ke mata merupakan salah satu kecelakaan ringan yang kadang terjadi. Namun demikian kecelakaan ringan ini jika pertolongan pertamanya tidak tepat akan menimbulkan sakit yang lebih parah. Di bawah ini adalah beberapa cara pertolongan pertama  khusnya cara  mengeluarkan debu atau pasir yang masuk ke mata.
 
 
 

Gambar 1 : Ketika debu atau pasir masuk ke mata, korban tidak boleh menggosok-gosok matanya karena berpotensi menimbulkan luka akibat gesekan debu atau pasir dengan kelopak mata.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Gambar 2 : Biarkan air mata terus mengalir, kedip-kedipkan mata pelahan-lahan, dengan derasnya air mata yang mengalir maka biasanya pelan-pelan debu atau pasir yang masak akan keluar terbawa oleh air mata tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Gambar 3 : Jika debu atau pasir tidak juga keluar bersama air mata, maka korban diminta untuk menyiprat-nyipratkan air ke arah mata dengan harapan air yang masuk ke mata ketika keluar bisa membawa debu atau pasir yang ada di dalam mata.

 
 
 
 
Gambar 4 : Jika dengan cara-cara di atas, debu atau paisr yang masuk ke mata tidak bisa kelauar atau diatasi  maka tutuplah mata dengan pembalut yang lembut dan segera minta advise dokter.
 
 



Selamat berlatih, salam pramuka.
 
 
 

Postingan populer dari blog ini

SKK & TKK Wajib Pramuka Siaga (10 Jenis)

SKK & TKK Wajib Penegak/Pandega (Bagian 1 : 5 dari 10 Jenis SKK & TKK Wajib)

Tanda-tanda Jejak