Impeesa




Impeesa - serigala yang tidak pernah tidur
Baden-Powell pernah disebut M'hlala Panzi oleh suku Zulu - dia yang berbaring (untuk menembak). Baden-Powell memperoleh julukan tersebut dengan mengembangkan cara yang yaitu  menembakkan senapan dari antara kakinya sambil berbaring telentang.
Selama ekspedisi Ashanti Baden-Powell   disebut Katankye - orang dengan topi besar.
Tapi yang paling terkenal julukan Afrika itu berasal dari Matabele: Impeesa - serigala. Itu juga diterjemahkan sebagai `binatang yang tidak tidur, tetapi berjalan sekitar di malam hari '. Julukan tersebut menjadi terkenal di Mafeking, di mana ia diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ` The wolf  that never sleep(serigala yang tidak pernah tidur )- sebuah penghargaan untuk reputasi Baden-Powell,  sebagai pandu dan militer yang selalu  waspada. Pada Mafeking, sebuah meriam dibangun sebagai monimen selama pengepungan di Mafeking yang   disebut 'The Wolf' untuk mengormati Baden-Powell
Asal  kata `Impeesa 'adalah cerita aneh, di Afrika tidak ada serigala, dan `Impeesa 'berarti hyena. Ada kemungkinan bahwa Baden-Powell salah memahami kata Impeesa , karena untuk disebut hyena bukanlah suatu pujian.Tapi apa pun asal-usul, julukan Impeesa, (Wolf), menjadi tradisi besar di kepanduan , dan Baden-Powell menggunakannya  dengan bangga.

Sumber:
Hillcourt, Baden Powell - dua kehidupan pahlawan;


print this page Print this page
Lebih baru Lebih lama