Wirakarya (Perkemahan Penegak Pandega)

Perkemahan Wirakarya (PW) merupakan salah satu bentuk pertemuan Pramuka Penegak Pandega yang berbentuk perkemahan diselenggarakan oleh, dari dan untuk Pramuka Penegak Pandega dari berbagai Satuan Pramuka dalam rangka ikut serta dengan berbagai kegiatan pembangunan masyarakat sebagai bagian dari sikap menyatunya Gerakan Pramuka terhadap kegiatan masyarakat.

PW diselenggarakan dengan tujuan membina dan mengembangkan memtal, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan Pramuka Penegak Pandega melalui kegiatan-kegiatan nyata yang hasilnya berguna bagi masyarakat. Komposisi kegiatan PW 75% kegiatan bakti dan 25% kegiatan kepramukaan. Hasil-hasil kegiatan PW harus bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat oleh sebab itu dalam kegiatan PW masyarakat harus dapat terlibat secara aktif.

PW terdiri dari PW Nasional, PW Daerah, PW Cabang dan PW Ranting - yang dilaksanakan minimal 1 kali dalam 1 masa bakti kepengurusan Kwartir. Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah PW Dunia dan PW Asia Pasifik beberapa tahun yang lalu.

print this page Print this page

Postingan populer dari blog ini

SKK & TKK Wajib Pramuka Siaga (10 Jenis)

SKK & TKK Wajib Penegak/Pandega (Bagian 1 : 5 dari 10 Jenis SKK & TKK Wajib)

Tanda-tanda Jejak