Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Aug 26, 2012

Wadah Pembinaan Pramuka Penegak Pandega



Wadah Pembinaan adalah lembaga penyelenggara proses pendidikan kepramukaan. Didalam wadah pembinaan seluruh proses pendidikan kepramukaan berlangsung untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Di wadah pembinaan ini pula terjadi interaksi pembinaan yang dilakukan oleh anggota dewasa kepada anggota muda atau yang dilakukan oleh seorang pembina  pramuka kepada para peserta didiknya.

Khusus untuk Pramuka Penegak Pandega memiliki beragam wadah pembinaan yang dimaksudkan agar para Pramuka Penegak  Pandega memiliki kesempatan mengembangkan potensi dirinya melalui pendidikan kepramukaan secara optimal. Wadah Pembinaan dimaksud adalah Ambalan dan Racana yang berada di Gugusdepan, Dewan Kerja dan Satuan Karya yang ada Kwartir dan Kelompok Kerja dan Sangga Kerja yang bisa berada di Gugusdepan dan juga bisa ada di tingkat Kwartir.

Gugusdepan merupakan wadah pembinaan pertama dan utama dalam sistem pendidikan kepramukaan, artinya seluruh peserta  didik Gerakan Pramuka harus memiliki dan tergabung dalam sebuah Gugusdepan. Ambalan adalah wadah pembinaan Pramuka Penegak yang ada di Gugusdepan dan Racana adalah wadah pembinaan Pramuka Pandega yang ada di Gugusdepan. Didalam Gugusdepanlah para Pramuka Penegak dan Pandega menjalankan proses perjalanan baktinya dibawah bimbingan Kakak Pembina dengan menempuh SKU dan SKK sesuai dengan yang ditetapkan.

Para Penegak dan Pandega yang telah berhasil meraih SKU selanjutnya dapat mengembangkan diri melalui wadah pembinaan di tingkat kwartir yaitu melalaui Satuan Karya dan Dewan Kerja Penegak Pandega. Keterlibatan sebagai anggota Satuan Karya dan juga Dewan Kerja  tidak boleh melepaskan diri dari Gugudepan karena kedua wadah pembinaan di tingkat kwartir ini bersifat sebagai pelengkap pengembangan potensi diri para Pramuka Penegak dan Pandega.

Melalui Satuan Karya para Pramuka Penegak dan Pandega diberi kesempatan mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilannya sesuai dengan minat dan bakat yang akan dapat bermanfaat bagi diri, satuan dan lingkungannya. Didalam Satuan Karya para Pramuka Penegak dan Pandega mengembangkan ketrampilan teknisnya (life skills) dengan dibimbing oleh Pamong saka dan para Instruktur.

Melalui Dewan Kerja para Pramuka Penegak dan Pandega dengan didampingi oleh Andalan Kwartirnya masing-masing melalukan sebagian tugas dari kwartir khususnya dalam program pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak Pandega di wilayah kwartirnya. Melalui Dewan Kerja diharapkan Para Pramuka Penegak Pandega dapat berlatih di bidang kepemimpinan, ketrampilan berorganisasi, ketrampilan penyelenggaraan kegiatan dan berbagai hal lain yang terkait dengan tata menejemen organisasi Gerakan Pramuka.Sehingga dengan demikian para anggota dewan kerja diharapkan dapat menjadi kader dalam menjaga kesinambungan perkembangan Gerakan Pramuka maupun dapat menjadi kader pemimpin bangsa
yang berjiwa pramuka.

Jika ambalan/racana, satuan karya dan dewan kerja merupakan wadah pembinaan yang bersifat tetap maka kelompok kerja dan sangga kerja merupakan wadah pembinaan yang bersifat insidental, dapat dibentuk di tingkat gugusdepan maupun tingkat kwartir. Kelompok kerja dan sangga kerja dibentuk karena ada kebutuhan khusus dan alasan-alasan tertentu.

Kelompok kerja adalah wadah pembinaan Pramuka Panegak Pandega yang dibentuk untuk memecahkan masalah atau mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan baik untuk keperluan pemecahan masalah atau pengembangan program di tingkat satuan atau di lingkungan masyarakat. Anggota kelompok kerja adalah gabungan antara Pramuka Penegak Pandega dengan Para Pembina Gudep/satuan, Pamong, Instruktur, Pelatih dan dapat pula melibatkan para Ilmuwan atau Para Ahli di bidang tertentu yang terkait, misalnya untuk keperluan merumuskan program ambalan/racana, program bakti masyarakat, program pramuka peduli, dsb.

Sangga kerja adalah wadah pembinaan Pramuka Penagak dan Pandega yang dibentuk untuk mengelola kegiatan baik di tingkat Gugusdepan maupun Kwartir. Dalam Sangga kerja para Pramuka Panegak Pandega akan didampingi oleh Pembina atau Andalan baik dalam tahap perencanaan, penganganggaran, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan. Sangga kerja adalah wadah pembinaan untuk memberikan pengelamanan kepada Para Pramuka Penegak Pandega bekerja dalam sebuah kepanitiaan atau "event management".

Catatan :
Tulisan dalam entri ini belum final dan masih akan dikembangkan berdasarkan sumber-sumber terbaru - admin.

Sumber :
Pola Pembinaan Pramuka Penegak Pandega (PP No.80 tahun 1988), Buku Rujukan KPDK DIY tahun 1988 dan Berbagai sumber lain.
print this page Print this page


 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat