Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Aug 9, 2012

Tanda Jabatan Andalan



Tanda Andalan untuk semua jajaran Gerakan Pramuka dari tingkat nasional sampai ranting dan korsa (kordinator desa) dibuat dari logam berbentuk segi sepuluh beraturan, garis tengah 4,5 cm, cembung dengan sinar memancar dari pusatnya, berwarna emas. Di tengah terdapat lingkaran bergaris tengah 2 cm, dengan gambar relief tuna kelapa dari 61 butir padi, berwarna emas.

Dasar lingkaran tunas kelapa di tengah diberi warna sebagai berikut :
  •  Andalan Nasional    :   kuning emas
  • Andalan Daerah      :    merah
  • Andalan Cabang     :    hijau
  • Andalan Ranting     :    coklat
  • Kordinator Desa    :    ungu

Tanda Andalan dapat dibuat dari kain berbentuk bujur sangkar, dengan panjang sisi masing-masing 5 cm, berwarna dasar coklat tua. Gambar, warna dan ukuran sama dengan yang tampak dan dijelaskan di atas.

Tanda Andalan mengkiaskan bahwa Andalan adalah anggota yang diandalkan (diberi kepercayaan anggota lainnya) untuk mengelola organisasi Gerakan Pramuka di wilayahnya (dilambangkan dengan tunas kelapa) yang didirikan pada tahun 1961 (61 butir pada yang melingkar), dalam rangka menanamkan jiwa Pramuka (dilambangkan dengan tunas kelapa) dan pengamalan Dasa darma (segi 10 beraturan).


Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka
No : 202 tahun 1988 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Jabatan Gerakan Pramuka
print this page Print this page

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat