Seragam Harian Pramuka Siaga Putra



Pakaian Seragam Harian terdiri atas : tutup kepala, baju/kemeja pramuka, celana pramuka, setangan leher, kaos kaki, sepatu, ikat pinggang dan tanda pengenal.

Pakaian seragam harian Pramuka Siaga :

Tutup kepala : berbentu baret berwarna coklat tua, dikenakan dengan tepi mendatar, bagian atasnya ditarik miring ke kanan, tanda topi terletak di sebelah kiri.

Baju Pramuka : dibuat dari bahan berwarna coklat muda, berbentuk baju kurung lengan pendek, ditambah hiasan melintang di dada selebar 2 cm, kerah baju model kerah dasi, memakai buah baju (kancing) pada lidah baju, tidak memakai lidah bahu, mempunyai dua saku pada bagian muka bawah baju/blus, baju di pakai diluar celana.

Celana Pramuka : dibuat dari bahan berwarna coklat tua, berbentuk celana pendek (+3 cm dari atas lutut),tidak memakai ikat pinggang, diberi elastis, dua saku celana masing-masing disebelah kiri kanan, memakai buah baju (kancing) atau retsleting di bagian depan celanan.

Setangan leher : dibuat dari bahan berwarna merah dan putih, berbentuk segi tiga sama kaki - sisi panjang 90 cm dengan sudut 90 derajat (siku-siku) - panjang sisi setangan leher dapat disesuaikan dengan tinggi badan pamakai. setangan leher dikenakan dengan cincin (ring) setangan leher, dikenakan di bawah kerah bahu, setangan leher dilipat sedemikian rupa sehingga warna merah putih tampak dengan jelas dan pamakaian tampak rapih, cara melipat setengan leher - dilipat empat kali sejajar dengan sisi terpanjang dengan arah yang sama - lebar lipatan 7 cm - sebagaian lipatan terakhir (ke lima) dilakukan dengan membagi dua sama lebar lipatan itu ke arah memanjang.

Kaos kaki : kaos kaki panjang sampai dengan di bawah  lutut (+5 cm), warna hitam.

Sepatu : model tertutup, warna hitam, bertumit rendah.






Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 226 Tahun 2007
Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Pramuka

print this page Print this page

Lebih baru Lebih lama