Seragam Harian Pramuka Penggalang Putra



Pakaian seragam harian Pramuka Penggalang Putra :

Tutup kepala : berbentu baret berwarna coklat tua, dikenakan dengan tepi mendatar, bagian atasnya ditarik miring ke kanan, tanda topi terletak di sebelah kiri.

Baju Pramuka : dibuat dari bahan berwarna coklat muda, berbentuk baju kemaja lengan pendek, kerah baju model kerah dasi, memakai lidah bahu, diberi buah baju (kancing), memakai dua saku di dada kiri dan kanan, tengah saku diberi lipatan, memakai tutup saku, dikenakan didalam celanan.

Celana Pramuka : dibuat dari bahan berwarna coklat tua, berbentuk celana pendek sebatas lutu, memakai dua saku kiri kanan  serta dua saku di bagian belakang dengan memakai tutup dan buah baju (kancing), diberi kantong timbul disamping kiri dan kanan, memakai ikat pinggang - berwarna hitam, pada bagian ban celana dibuat tempat ikat pinggang, pada bagian depan celana memakai retsleting.

Setangan leher : dibuat dari bahan berwarna merah dan putih, berbentuk segi tiga sama kaki - sisi panjang 100 - 120  cm dengan sudut 90 derajat (siku-siku) - panjang sisi setangan leher dapat disesuaikan dengan tinggi badan pamakai. setangan leher dikenakan dengan cincin (ring) setangan leher, dikenakan di bawah kerah bahu, setangan leher dilipat sedemikian rupa sehingga warna merah putih tampak dengan jelas dan pamakaian tampak rapih, cara melipat setengan leher - dilipat empat kali sejajar dengan sisi terpanjang dengan arah yang sama - lebar lipatan 7 cm - sebagaian lipatan terakhir (ke lima) dilakukan dengan membagi dua sama lebar lipatan itu ke arah memanjang.

Kaos kaki : kaos kaki panjang sampai dengan di bawah  lutut (+5 cm), warna hitam.

Sepatu : model tertutup, warna hitam, bertumit rendah.



Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 226 Tahun 2007
Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Pramuka
print this page Print this page
Lebih baru Lebih lama