Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Aug 4, 2012

Racana Pandega



Pengertian

Racana adalah kumpulan dari dua sampai empat Reka. Arti kata Racana adalah dasar penyangga tiang bangunan yang dalam bahasa jawa disebutumpak. Nama Racana biasanya diambil dari nama-nama pahlawan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan nama Racana juga diambil dari nama-nama senjata atau nama kerajaan dalam pewayangan atau nama ceritera mitos. Dalam pemilihan nama tentunya diambil yang terbaik menurut anggota Racana, sehingga memiliki makna dan kebanggaan bagi seluruh anggota Racana.

Racana sebagai Wadah Pembinaan
 
Dalam sistim pendidikan Gerakan Pramuka, Racana merupakan bagian dari organsiasi Gugusdepan sebagai wadah pembinaan pramuka golongan Pandeg. Dalam posisinya sebagai wadah pembinaan maka Racana merupakan tempat utama para Pramuka Pandega didalam mengembangan potensi dirinya melalui pendidikan kepramukaan. oleh sebab itu Racana harus aktif dan memiliki program latihan dan kegiatan yang terencana dengan baik.

Racana dalam sistem pendidikan kepramukaan berfungsi sebagai  satuan gerak yaitu satuan organisasi/unit pelaksana yang mengimplementasikan sistim pendidikan kepramukaan bagi para peserta didik.


Alat Kelengkapan

 
Untuk dapat melaksanakan fungsi dan kedudukannya maka racana harus memiliki alat kelengkapan sbb : struktur organisasi, tata adat racana, pembina & instruktur, perjalanan bakti pramuka pandega (model dan alur pembinaan anggota), sanggar bakti, mitra kerja, dsb.

 


Lihat topik/entri terkait :
Struktur Organisasi Racana Pandega
Pandega (Filosofi & Kiasan Dasar)
Perjalanan Bakti Pramuka Pandega
Tanda Kecakapan Pramuka Pandega
Tata Adat Ambalan Penegak/Racana Pandega 


print this page Print this page

 
PT.MOLINO PRAMUKA Menyelenggarakan Umroh Pramuka tahun 2013/2014 mulai bulan Desember 2013 Informasi lebih lanjut hubungi PT.Molino Pramuka 021-8731656