Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Aug 5, 2012

KWARDA BALI

 
Jl. Letda Tantular No. 11 Renon, Denpasar
Propinsi/Kota: Denpasar
Kode pos: 80116


Kwartir Daerah Bali memiliki 9 (Sembilan) Kwartir Cabang, dengan rincian 8 (delapan) Kwartir di kabupaten dan 1 (satu) Kwartir kota madya yaitu : 
  1. Kwartir Cabang Jembrana.
  2. Kwartir Cabang Tabanan.
  3. Kwartir Cabang Badung.
  4. Kwartir Cabang Denpasar (kota madya).
  5. Kwartir Cabang Bangli.
  6. Kwartir Cabang Karangasem.
  7. Kwartir Cabang Buleleng.
  8. Kwartir Cabang Gianyar.
  9. Kwartir Cabang Kelungkung

Dari masing-masing Kwartir Cabang tersebut memiliki karakteristik sendiri, mulai dari seni budaya, tradisi maupun logat bahasa. Yang sangat menarik disini adalah perbedaan logat bahasa yang tidak bisa dihilangkan dari masing-masing Pramuka Dari Kwartir masing-masing wilayah. Kalau dilihat dari luas wilayah propinsi Bali, sebenarnya cukup aneh bila logat bahasa di masing-masing wilayahnya jauh berbeda, hal itu dikarenakan luas wilayah pulau bali tidaklah sangat luas. Mungkin keragaman tersebut diakibatkan pulau bali dihapit oleh dua pulau, bali bagian barat berdekatan dengan pulau jawa sedangkan bali bagian timur berdekatan dengan pulau Lombok.
Keragaman tersebut juga bisa ditinjau dari unsur geografis bali yang berbukit dan pegunungan hampir terbentang dari ujung barat sampai ujung timur sehingga pulau bali terbagi menjadi beberapa wilayah dengan pembatas pegunungan. Dari kondisi tersebut memungkinkan penduduk Bali berkembang diwilayahnya masing-masing karena wilayahnya tersekat dan terbatasi oleh keadaan geografis yang menyulitkan hubungan masing-masing wilayah. Hal itu pula memungkinkan berkembangnya tradisi dan kesenian yang berbeda.
print this page Print this page

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat