Karang Pamitran

Wadah silaturahmi bagi Pembina Pramuka, menambah wawasan dan saling bertukar pengalaman dalamm membina para Pramuka. Wadah ini merupakan salah satu upaya penyegaran, tukar menukar pengalaman, pengembangan wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas metode dan latihan kepramukaan. Karang Pamitran bukan merupakan jenis jenjang kursus.

Karang Pamitran dapat dilaksanakan dalam bentuk perkemahan maupun bukan perkemahan, bersifat satuan terpisah antara Pembina Putra dan Pembina Putri, pelaksanaannya dikelompokkan berdasarkan kelompok Pembina Pramuka Siaga, kelompok Pembina Pramuka Penggalang dan Kelompok Pembina Pramuka Penegak dan Pandega. Karang Pamitra dibedakan antara Karang Pamitran tingkat ranting, cabang, daerah dan nasional yang syarat-syarat peserta disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Bentuk kegiatan Karang Pamitran, antara lain : ceramah, diskusi, lokakarya, seminar, praktek permainan ketangkasan, dan ketrampilan, bakti sosial, kegiatan keagamaan, kegiatan seni budaya dan olah raga, kegiatan penanaman kesadaran berbangsa dan bernegara, serta kegiatan - kegiatan lain dengan topik-topik yang aktual baik dalam lingkup pendidikan kepramukaan, isu-isu kebangsaan, penemuan baru dalam bidang pendidikan, isu-isu global, dsb.

Kegiatan Karang Pamitra disusun secara menarik dengan menerapkan kegiatan partisipatif, rekreatif dan inspiratif sehingga mammpu memberikan pengalaman dan semangat baru bagi para pesertanya.

print this page Print this page

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama