IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Aug 1, 2012

Gugusdepan Gerakan Pramuka




 

Pengantar
Gugusdepan  merupakan satuan pendidikan kepramukaan terdepan yang melaksanakan program-program latihan dan pendidikan bagi para peserta didik Gerakan Pramuka. Gugusdepan terdiri dari gugus depan berbasis satuan pendidikan dan gugus depan berbasis komunitas. Gugus depan berbasis satuan pendidikan adalah gugusdepan yang berpangkalan di  lingkungan pendidikan formal. Sedangkan gugus depan berbasis komunitas  meliputi gugus depan komunitas kewilayahan, agama, profesi, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas lain.


Kepengurusan & Keanggotaan
  1. Gugusdepan adalah satuan organisasi terdepan Gerakan Pramuka yang merupakan unit pendidikan kepramukaan.
  2. Gugusdepan dikelola secara kolektif oleh Pembina Gugusdepan yang terdiri dari Ketua Gugusdepan, Pembina satuan dan Pembantu Pembina satuan.
  3. Ketua Gugusdepan dipilih dari Pembina Pramuka yang ada dalam gugusdepan yang bersangkutan pada musyawarah Gugusdepan.
  4. Gugusdepan lengkap terdiri atas : Perindukan Siaga; Pasukan Penggalang;  Ambalan Penegak;  Racana Pandega
  5. Anggota muda putra dan anggota putri dihimpun secara terpisah.
  6. Anggota Gerakan Pramuka penyandang cacat dapat dihimpun dalam Gugusdepan tersendiri      atau diintegrasikan ke dalam Gugusdepan biasa.
  7. Gugusdepan dikoordinasikan oleh Kwartir Ranting dan/atau Kwartir Cabang sesuai dengan perkembangan setempat.
  8. Gugusdepan yang berpangkalan di Perwakilan Republik lndonesia dikoordinasikan oleh Kwartir Nasional.
Pembinaan
  1. Kwartir Nasional membina Kwartir Daerah sehingga memiliki kemampuan mengembangkan serta meningkatkan kepramukaan di wilayah kerjanya.
  2. Kwartir Daerah membina Kwartir Cabang, sehingga memiliki kemampuan mengembangkan serta meningkatkan kepramukaan di wilayah kerjanya.
  3. Kwartir Cabang membina Kwartir Ranting, Gugusdepan dan Satuan Karya Pramuka sehingga memiliki kemampuan mengembangkan serta meningkatkan kepramukaan di wilayah kerjanya.
  4. Kwartir Ranting melakukan koordinasi dan bimbingan organisasi dan operasional kepada Gugusdepan dan Satuan Karya Pramuka di wilayah kerjanya sehingga jumlah dan mutunya terus meningkat.
  5. Gugusdepan-gugusdepan yang berpangkalan di sekolah yang berada di suatu wilayah tertentu dapat bergabung menjadi kelompok Gugusdepan lengkap.
  6. Pembina Gugusdepan berupaya agar jumlah dan mutu para pembina serta jumlah dan mutu anggota muda di Gugusdepannya terus meningkat.
  7. Kwartir Nasional membina secara langsung Gugusdepan yang berpangkalan di Perwakilan Republik lndonesia di luar negeri.



















print this page Print this page
Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

Blog Archive

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER