IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Aug 2, 2012

Baden Powell (Bapak Pandu Dunia)

Nama lengkapnya Lord Boden Powell of Gilwell. Pada tanggal 20 Juli 1907  Boden Powell of Gilwell
menyelenggarakan perkemahan di Brown Sea Island yang diikuti oleh 20 anak laki-laki yang terbagi dalam 4 regu berlangsung selama 8 hari. Kegiatan ini disebut sebagai cikal bakal lahirnya pendidikan kepanduan yang kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia

Pada tanggal 3 Desember 1934 Lord Baden Powell of Gilwell dan Lady Boden Powel  mengunjungi Indonesia sepulangnya dari Jambore di Australia. Kunjungan tersebut juga dalam rangka keliling melihat perkembangan organisasi kepanduan di beberapa negara. Boden Powell sangat puas dengan  perkembangan kepanduan di Indonesia yang saat itu masih dijajah Belanda. Kunjungan Boden Powell diatur sepenuhnya oleh NIPV (Nederland Indiche Padvinderij). Organisasi-organisasi Pandu Nasional yang ingin berpartisipasi dalam penyambutan tidak diijinkan ikut serta. Peristiwa ini menimbulkan ketegangan antara kelompok Padvinderij Belanda dan Kelompok Pandu Nasional.

Lord Baden Powell diberi gelar Bapak Pandu Dunia atas ide dan prakarsanya melahirkan gerakan pendidikan kepanduan untuk anak muda yang diakui oleh dunia Internasional. Beberapa pandangan Baden Powell terhadap pendidikan kepanduan, antara lain :

"... maksud saya melatih kaum muda dengan cara Kepramukaan adalah untuk menjadikan mereka sebagai manusia waras untuk hidup dalam dunia yang edan ...."

"... pengabdian bukanlah sekedar pelajaran teori, melainkan pengembangan dua aspek yang terpisah ialah
menanamkan jiwa kebajikan dan pengamalan dalam praktek ..."

"... mengajarkan pengabdian yang efektif adalah dengan contoh ... Pengabdian masyarakat merupakan awal yang terbaik pelatihan praktis mengembangkan kesadaran kepeduliaan terhadap masyarakat, patriotisme dan kerelaan berkorban ...."

(BP's Outlokk on Scouting 1936, dalam Buku 40 tahun Gerakan Pramuka, Kwarnas, 2001).



print this page Print this page


Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

Blog Archive

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER