IKLAN PRODUK HUBUNGI ADMIN

Aug 2, 2012

Azis Saleh (Ka Kwarnari 1963 - 1967)





Abdul Azis Saleh (lahir di Boyolali, Jawa Tengah, 20 September 1914 – meninggal di Jakarta, 3 April 2001 pada umur 86 tahun). Kak Azis Saleh merupakan seorang  dokter dan politikus Indonesia yang pernah 9 tahun menjabat sebagai menteri, sejak Kabinet Djuanda sampai Kabinet Dwikora I. Ketika zaman orde baru, Kak Azis merupakan salah seorang penandatangan Petisi 50. Beiau menamatkan pendidikan kedokterannya di Geneeskunde Hogeschool (GHS) pada tahun 1942.

Di Gerakan Pramuka Kak Azis merupakan  Wakil Ketua Kwartir Nasional sekaligus Ketua Harian pertama, pernah menjadi salah satu orang kunci dari Panitia Lima yang ditugaskan oleh Presiden Soekarno untuk membentuk Gerakan Pramuka pada tahun 1961. Tahun 1970 menjadi Sekretaris Jendral Gerakan Pramuka. Tahun 1974 menjadi Sekretaris Mabinas. Keaktifannya di tingkat nasional meredup setelah bergabung di Petisi 50. Setelah reformasi, barulah Kak Azis memperoleh penghargaan Tunas Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka, setelah tertunda belasan tahun.

Jabatan Kak Azis Saleh, selengkapnya adalah :
  •     Ka Kwarnari Gerakan Pramuka  (1963 - 1967)
  •     Sekretaris Jenderal Kwarnas  (1961 - 1970)
  •     Ketua Asia Pasific Regional Committee (1971 – 1974)
  •     Anggota World Scout Committe (1975 - 1977)

Tahun 1978 Kak Azis Saleh menerima Tanda Penghargaan Pramuka Sedunia Bronze Wolf Award. Adapun salah satu pandangan Kak Azis tentang Pendidikan Kepramukaan, adalah  :

"... Salam Pandu (scout salute)  tiga jari, bukan merupakan prinsip dasar kepramukaan, tetapi merupakan alat mendidikan Tri Satya/Janji Pandu. Dengan salam tiga jari, para pandu/pramuka saling mengingatkan  Tri Satya/Janji Pandu ..."

"... demi kepentingan nasional Indonesia, salam pramuka lima jari merupakan alat mendidikan Pancasila. Dengan salam lima jari, para pramuka saling mengingatkan lima sila dalam Pancasila ...."


Sumber
Buku, 40 tahu Gerakan Pramuka, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, tahun 2001





print this page Print this page


Share:

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

DAPATKAN APLIKASI ENSIKOPEDIA PRAMUKA DI GOOGLE PLAY FREE

FACEBOOK FAN

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KODE KEHORMATAN PRAMUKA
Meski metode ini awalnya digunakan untuk pelatihan science namun dengan modifikasi dan kreativitas metode ini menarik untuk dijadikan metode pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan pramuka. (Klik gambar untuk baca artikel selengkapnya)

INFO ENTRY/TOPIK

Hingga hari ini ensiklopediapramuka on line ini telah memuat 680 entry/topik tentang Gerakan Pramuka, Pramuka & Kepramukaan. Semoga dapat memenuhi harapan para pembaca untuk lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan dengan lebih baik. Silakan klik abjad pada daftar isi yang terkait dengan tema yang anda butuhkan, maka anda akan terhubung dengan tulisan lengkap terkait dengan tema dimaksud. Salam.

Blog Archive

JUMLAH PENGUNJUNG

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

DAFTAR ISI ENSIKLOPEDI : BERDASAR ABJAD (KLIK "ABJAD" UNTUK MEMILIH TOPIK YANG DIBUTUHKAN)

ENTRI/TOPIK TERPOPULER