Selamat Datang di ENSIKLOPEDIA PRAMUKA
go to my homepage
Go to homepage

Aug 4, 2012

Olave Baden-Powell

Olave Baden-Powell, Ketua Kepanduan Putri


Olave St Clair Baden-Powell, Baroness Baden-Powell, GBE (lahir di Chesterfield, Inggris, 22 Februari 1889 – meninggal di Bramley, Inggris, 25 Juni 1977 pada umur 88 tahun) adalah istri Robert Baden-Powell, pelopor Gerakan Kepanduan. Ia dilahirkan di Chesterfield, Inggris dengan nama Olave St Clair Soames namun setelah menikah dengan Robert Baden-Powell, ia lebih dikenal dengan nama Olave Baden-Powell atau Lady Baden-Powell atau The Dowager Lady Baden-Powell.
Ia dikenal karena kontribusinya dalam membangun Gerakan Kepanduan Putri Inggris dan dunia, Olave Baden-Powell menjadi ketua kepanduan putri Inggris pada tahun 1918, kemudian menjadi ketua kepanduan putri dunia pada tahun 1930. Selama hidupnya ia sempat mengunjungi 111 negara, untuk membantu perkembangan Gerakan Kepanduan di seluruh dunia.

Riwayat hidup
 Olave Soames adalah anak ketiga dan anak perempuan termuda dari pasangan Harold Soames dan Katherine Soames. Ia didik oleh ayah dan ibunya di rumah. Pada masa mudanya ia aktif dalam berbagai kegiatan lapangan seperti olahraga; tenis, renang, sepak bola, dan mendayung. Ia juga belajar bermain violin.
Pada tahun 1912, ia bertemu dengan Robert Baden-Powell, dalam sebuah perjalanan kapal laut ocean liner (RMSP Arcadian) ke New York, pada saat itu umurnya baru 23 dan Baden Powell 55. Uniknya, mereka memiliki kesamaan tanggal lahir dan memutuskan untuk bertunangan pada tanggal yang sama juga. Pada tanggal 30 Oktober 1912 mereka memutuskan untuk menikah Dari hasil pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga orang anak; satu orang putra dan dua orang putri:
  • Arthur Robert Peter Baden-Powell (30 Oktober 1913 – 9 Desember 1962)
  • Hon. Heather Grace Baden-Powell (1 Juni 1915 – 3 Mei 1986)
  • Hon. Betty St. Clair Baden-Powell, CBE (16 April 1917 – 24 April 2004)
Olave mulai ambil bagian dalam Kepanduan Putri pada tahun 1914  dan di tahun 1918 diangkat sebagai Kepala Kepanduan Putri Inggris. Pada bulan Oktober 1939, Ia pindah ke Nyeri, Kenya bersama dengan Baden-Powell, hingga Baden-Powell meninggal pada 8 Januari 1941.
Sepeninggal Baden-Powell, ia memimpin Gerakan Kepanduan Putri selama kurang lebih 40 tahun dan mengembangkan Gerakan Kepanduan ke seluruh penjuru dunia. Ia sempat terkena serangan jantung pada tahun 1961 di Australia, dan akibatnya ia dilarang untuk berpergian keluar negeri lagi. Ia meninggal pada tanggal 25 Juni1977 di Birtley House, BramleyInggris, abu jenasahnya dibawa ke Kenya dan dimakamkan di tempat pemakaman Baden-Powell 

print this page Print this page

 
Situs ini merupakan layanan informasi pendidikan kepramukaan yang merujuk ke berbagai sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.... Semoga Bermanfaat